Destination : Singapore !

Hay hay hay ... Sudah lama banget ya saya ga ngeblog. Kali ini saya mau sharing tentang pengalaman saya berlibur ke Singapore. Waktu berlibur yg saya ambil cukup 4d3n (4 hari 3 malam) saja, karena msh sayang dg sisa cuti tahunan kantor. Siapa tau nanti akhir tahun mau liburan lagi hehehe.

Jadi ceritanya, sekitar bulan Agustus 2012 tiket promo AirAsia sedang gencar-gencarnya. Akhirnya saya putuskan untuk berlibur dan mengambil penerbangan PP Jkt-Spore-Jkt dengan harga tiket 700rb/orang. Saya, nyokap dan 2org teman saya lagi, tanpa pikir panjang langsung booking tiket dan pilih jam penerbangan keberangkatan 17:50 dan pulangnya pukul 20:55. Naaaah sayangnya, saya baru sadar ... Jadwal cek in hotel di Singapore itu rata-rata pukul 14:00 (beda jam Jkt dan Sg 1jam, Sg lebih cepat 1jam dibanding Jkt)

Pelajaran pertama, kalau mau beli tiket penerbangan ke Singapore dan menginap di hotel. Lebih baik pilih jam penerbangan sebelum jam 12 siang (inget perbedaan jam Jkt - Singapore itu 1jam). Supaya tidak terbuang banyak, waktu hotelnya ...

Pelajaran kedua, jam check out hotel di Singapore semuanya sama. Jam 12 teng, ga ada toleransi. Jangan sampai kena charge $10 sgd/hour (pengalaman nih ...) INGAT YA JKT BEDA DENGAN SINGAPORE! NO JAM KARET!!!!

Day 1 - 26 Jan 2013
Hari pertama sampai di Singapore langsung bingung, udah lama banget ga kesana. Terakhir kesana 2009 dan udah lupa bentuk Changi seperti apa hahaha. Untuk yang mau naik taksi silahkan langsung antri, dan yang dijemput silahkan cari sanak-saudaranya, tapi untuk yg naik MRT agak pusing. Setelah ditelusuri, kita harus ikuti petunjuk "SKYTRAIN TO T1/T2/T3"

Setelah naik skytrain ke T1/T2/T3 bisa langsung beli MRT card di MRT officenya, ada yg untuk sekali jalan, atau bisa jg dipakai untuk berkali-kali tinggal isi ulang di mesin atm mrt aja. Kalau tidak salah itu sudah masuk di stasiun Tanah Merah. Tinggal ambil map yg sudah disediakan, silahkan ikuti petunjuk jalur MRT untuk sampai ke daerah yang kita tuju.

(ez-link card for MRT, Bus, Sentosa Express)

(Bisa minta tolong petugas disana untuk penjelasannya, it's okay to speak bahasa)

Jangan pernah makan dan minum di dalam MRT!

Begitu sampai di Stasiun Bugis, saya langsung jalan kaki menuju hotel. Agak lama karena saya harus cari alamat penginapan saya Econ Inn yg berada di Beach Road. Ternyata lumayan dekat dari stasiun MRT. Kira-kira jalan kaki hanya 5menit.

Setelah sampai penginapan, langsung masuk lobby lewat lift ke lantai 2. Staffnya ramah, free wifi, walaupun ukuran kamarnya sangat kecil, tapi kebersihannya oke banget. Water heater nyala, ada termos listrik, dan setiap habis dibersihkan ruangannya kita dapat 2 botol mineral water 300ml. Mungkin saya sedang beruntung, karena kamar teman saya agak sedikit bau apek. Mungkin karena kamarnya lembab dan tidak ada jendela sama sekali.

Setelah itu, karena kelaparan kita langsung cari makan di dekat hotel yang halal. Liang seah street, di sepanjang jalan ini banyak sekali tempat makan. Tapi bagi yg muslim, kita harus pintar-pintar mencari restoran yg halal. Dan restoran halal yg saya icip ada di samping Tong Seng Cafe, tepat di tikungan. Pelayannya rata-rata orang India yang lumayan ramah dan harga makanannya terjangkau. Range harga 2sgd - 5sgd.

(teh tarik)

(prata cheese - onion - egg)

Pelajaran ketiga, siapin perut tiap pagi karena jarang banget ada yg jual nasi di pagi hari buat sarapan. Mungkin ada di beberapa resto daerah kampung Arab. Dekat Bugis Junction.

Pelajaran keempat, jangan nekat pesen teh manis dengan bilang "sweet tea" they'll think that you're looking for your "sweety". Just order "tea-o" (based on true story)

Day 2 - 27 Jan 2013
Hari kedua di Singapore, bangun tidur jam8 pagi (waktu Singapore) langsung kelaperan. Karena bingung mau makan dan kemana pagi-pagi akhirnya kita ke Mustafa centre.

Dan saya pun khilaf dengan coklat-coklat dan pernak-pernik lainnya, kalau ke mustafa jangan lupa buat bikin notes. Kira-kira apa yg harus dibeli. Jadi ga kelayapan dan laper mata hahaha. Setiap store yg ada pajaknya di Singapore, kabarnya bagi para turis bisa direfund di changi airport. Tapi ada caranya, setiap di cashier perhatikan bagian struknya, bila ada tulisan GST (Goods and Services Tax) dan totalnya, langsung saja bilang kamu turis dan minta form untuk refund GST. Khusus untuk Mustafa GST baru bisa direfund setelah belanja minimal $100sgd dalam waktu sehari.

Pelajaran kelima, jangan lupa minta GST refund form setiap habis belanja, perhatikan baik-baik struk belanjaan kita. Setelah itu bisa direfund di Changi, ada di GST refund.

Dari mustafa saya langsung meluncur ke little India, sekalian jalan-jalan dan naik MRT menuju Chinatown. Begitu tiba di Little India, ternyata sedang ada festival thaipusam

Menurut beberapa sumber, thaipusam adalah sebuah perayaan dalam rangka menghormati Dewa Hindu yaitu Dewa Murugan atau jg dikenali sbg Dewa Subramaniam. Dewa Murugan adalah Dewa Perang yg dipercayai merupakan pelindung negeri tamil (berparas muda yg mengenendarain burung merak dan bersenjatakan tombak).

Dan dalam beberapa legenda mengatakan bahwa Dewa Murugan adalah anak dari Dewa Siwa dan memiliki hubungan yg sangat dekat dg Ganesha dan Dewi Parwati. Dan Thaipusam itu sendiri dirayakan setiap bulan ke-sepuluh dalam kalender Tamil, yg bermakna "Thai" adalah bulan ke-sepuluh dan "Pusam" adalah Bintan terang. Jadi dalam kalender Tamil, Thaipusam bermaksud bulan penuh melintasi bintang terang.

@Little India

Setelah itu, saya langsung ke chinatown, liat-liat pernak-pernik, beli roti, minum jus, dan lain-lain. Cuma sygnya pedagang-pedagang disitu galak-galak. Jadi males deh

(anting $10 for 3, lumayan unik)

Pelajaran ke enam, jangan lupa bawa stop kontak tambahan yg 3kaki seperti di atas. Karena di Singapore rata2 stop kontaknya 3phase. Lumayan kan hemat $2 hehehe.

Dari chinatown, saya langsung bergegas ke Orchard road. Orchard road itu sendiri merupakan pusat hiburan, banyak banget mall disini. Jadi bingung mau kemana dulu? Akhirnya saya putuskan untuk ke Lucky Plaza terlebih dahulu untuk beli parfum. Lumayan murah harga-harga yg ditawarkan dan kualitasnya pun tidak usah dipertanyakan hahaha.

Totalnya $122 untuk 4 parfum yang saya beli di atas. Lumayan buat oleh-oleh. Tapi kalo sudah di orchard road, jangan lupa makan ice cream uncle cuma $1. Harus sabar antri, dan ga usah ikut-ikutan orang duduk di samping mall dengan beralaskan koran. Benar-benar serasa lagi di monas. Dan yaaak benar saja orang2 yg duduk disitu berwajah Jawa semua dan logat yg keluar dari mulutnya adalah "uenake pol iki. Ayok to mbak numpak MRT wae". Ohmaygaaaaawt jauh2 ke orchard ketemunya mbak2 Jawa HAHAHA

choco chip

Saya dan rombongan beli ice cream dg varian rasa yg berbeda-beda. Jadi bisa saling icip, IMO yg paling enak sih chocomint di lidah saya. Segerrrr banget! hehehehe

WAIIIIIIIIIITTTT ..... Perjalanan belum usai. Ceritanya aja udah bikin otak kekeringan, gimana kaki? Everyday I have to stick so many koyo from up to toe HAHAHAHA. Karena udah lelah banget seharian keliling dan nenteng-nenteng belanjaan banyak bgt, akhirnya saya memutuskan untuk kembali terlebih dahulu ke hotel untuk istirahat sebentar, mandi dan tidur sebentar.

Sore harinya setelah ga terlalu panas, perjalanan dilanjutkan ke Merlion. Kebetulan dari tempat saya menginap ke Merlion tidak terlalu jauh, kalau naik MRT dr stasiun Bugis hanya 2 pemberhentian, turun di Raffles Place. Keluar stasiun tinggal ikuti petunjuk arah Merlion aja. Keluar stasiun tinggal ke arah kanan, lewat Fullerton.

Untungnya di dekat Stasiun raffles place ada McD, jd lumayan buat isi perut yg keroncongan. Biasa deh, lidah desa kalo ga kena nasi ga kenyang hihhihi.

Oh iya, jangan lupa juga ke Progress&Advancement masih sekitar Raffles Place. Tepat di belakangnya ada taman dengan banyak burung-burung beterbangan disitu. KEWL!

(Progress&Advancement, Raffles Place)

(pemandangannya oke banget, sambil duduk di taman.
Sambil main sama burung, foto2 jg hehehe)

Yak perjalanan hari ini diselesaikan sampai sini dulu, karena kaki yang sudah tidak kuat melangkah, mata yang berat untuk terbuka lebar, dan mulut yang selalu komat-kamit karena letih. BYE!

Day 3 - 28 Jan 2013
Hari ini dimulai dari jam9, setelah nyawa kumpul semua langsung deh siap-siap ke USS. Karena di dalam USS semua serba mahal, alhasil harus beli cemilan2 dulu. Macem Old Chang kee, atau breadtalk. Ada kok di bugis junction sebelum masuk ke stasiun MRT Bugis.

USS itu adanya di Sentosa Island, nah kalo kita mau ke Sentosa, cara gampangnya itu kita transfer dulu naik MRT sampai Harbour Front, lalu keluar ke arah vivo city. Ikuti petunjuk Sentosa Express

Jangan syediiiih, kalau haus refill air dimana-mana. Setiap toilet di dalam USS pasti ada refill air. Jadi tinggal bawa botol air aja deh hihihi. Lebih hemat jatohnya.

(belum afdol kalo ga foto depan lambang universal)

Dari gerbang utama saya memilih jalur ke sebelah kiri, jadi urutannya itu:

Madagascar. Di zona ini kamu benar-benar berada di dalam hutan layaknya hewan-hewan dalam film animasi Madagascar yang diproduksi oleh DreamWorks. Sebuah area dengan nuansa hutan tropis yang kental, dipenuhi dengan binatang-binatang yang unik dan menakjubkan seperti lemurs dan foosas. Ada area yang disebut denganMadagascar A Crate Adventure, dimana kamu menjelajahi hutan untuk bertemu keempat pahlawan hutan seperti Alex, marty, Melman dan Gloria. Akan terdengar nyanyian burung dan teriakan kera memecah keheningan hutan sewaktu menjelajahi lebih dalam lagi area hutan tropis ini, yang serunya kamu akan menjelajahi area ini dengan perahu. Dan ada juga King Julien's Beach Party-Go-RoundKing Julien’s Beach Party-Go-Round. Berputar-putar naik komedi putar di atas punggung tokoh-tokoh kartun Madagascar.

Far Far Away. Di zona ini kamu bisa bertemu dengan makhluk besar yang jelek yaitu Shrek dan si keledai bodoh Donkey. Sesuai dengan film animasinya, kamu akan diajak berpetualang bersama Shrek untuk menemukan Fiona. Berada dalam istana Far Far Away kita bisa merasakan sesuatu yang berbeda. Ada Sherk 4D Adventure,disana kamu bisa menyaksikan petualang Shrek dalam layar besar berformat 4D. Nonton seperti bioskop, memakai kacamata dan merasakan keseruan kursi-kursi bergoyang dan laba-laba yang menempel ke kaki serta semburan air. Cool!

Takjub dengan permainan itu, bersantai sejenak di sebuah Night Club untuk menyaksikan Donkey Live! Di sini keledai bodoh itu menghibur kita dengan nyanyian yang menarik serta mengajak penonton untuk mengobrol akrab. Wah, sangat menarik. Atraksi lainnya seperti Echanted Airways dan Magic Potion Spin.

The Lost World. Area dinosaurus bersarang, sangat seru pastinya. Di area ini terbagi dua permainan yang berbeda yaitu Jurassic Park dan Waterworld. Di area ini ada permainan lainnya seperti Jurassic Park Rapids Adventure, Amber Rock Climb dan Waterworld. Karena ini area untuk permainan yg membuat baju basah kuyup, jadi saya beli jas hujan plastik di dpn area ini $3/jas hujan. Lebih baik bawa dr rumah sih hehehe.

Ingat ya lebih baik bawa jas hujan sendiri, drpd beli $3 cuma buat main wahana yg bikin baju basah hehehe. (HEMAT BEBZ...)

Terus menjelajah sampailah saya di area Ancient Egypt. Di adaptasi dari film The Mummy, area ini sangat menarik karena ditampilkannya patung-patung besar dan masuk ke dalam piramid Mesir. Saat berada di area ini saya disarankan oleh teman untuk mencoba Revenge of the Mummy: The Ride yaitu bermain roller coaster dalam arena tertutup yang di bercerita bagaimana cara menemukan harta karun. Ruangan yang gelap tidak memungkinkan saya untuk melihat sekeliling dan roller coaster yang maju-mundur-naik-turun dengan kecepatan tinggi membuat tubuh ini gemetar ketakutan. Dari awal masuk ruangan pun suasananya spooky bgt!

Dalam zona ini ada juga permainan Treasure Hunters, dimana kamu harus mencari harta karun dengan mengendarai mobil tua. Tapi sayangnya saya gas empat naik permainan ini karena semakin siang semakin panas dan antriannya cukup panjang Oh iya sebagai informasi di setiap zona tersedia outlet makanan yang mencirikan zona tersebut (walaupun terbilang lumayan mahal).

(muka kelaperan, ga ada nasi akhirnya makan chicken cheese aja deh. Lumayan $4)

Lanjut bermain, saatnya menguji adrenalin di zona Sci-Fi City. Ada dua pilihan roller coaster yaitu blue and red.

Sayangnya saya cuma berani naik yg merah (duduk), itu pun kepala sudah berkunang-kunang. Beda dg yg di dufan, seseram apa pun permainannya. Tetap saja berasa safety, ga kaya dufan HAHAHA.

Setelah itu masih di zona Sci-Fi City, jangan lupa juga masuk ke permainan TRANSFORMERS THE RIDE. Wahana ini baru dibuka sejak 2 Desember 2011. Permainan kali ini kamu akan ditawarkan untuk naik mobil ala-ala transformers. Saking kerennya permainan ini, banyak sekali orang yg ingin main dan ktia harus antri selama kurang lebih 30menit. Permainannya itu sendiri, kita akan menggunakan kacamata 3D, lalu naik ke mobil dan dibawa berputar-putar seakan-akan kita ada di film itu dengan efek cipratan air dan mobil yang terputar-putar. Kalau bawa tas, lebih baik tas di letakan di bawah kaki saja.

Saya sarankan untuk wahana permainan, lebih baik pertama kali datang langsung mencoba wahana TRANSFORMERS THE RIDE ini terlebih dahulu. Why? Because, in my opinion ini wahana terkeren di USS. Dan waktu mengantri akan lebih dari 30 menit.

Puas berteriak dan untuk merelaksasikan tubuh saatnya berjalan-jalan dan berfoto ria di area New York. Di mana saya benar-benar merasa seperti berada di kota NY dengan menyusuri jalan di mana ada banyak deretan toko di sisi kanan dan kiri. Lalu temukan juga artis legendaris di sepanjang jalan ini. Bisa loh berfoto ria dengan tokoh-tokoh idola yang datang dari jaman dulu seperti Charlie Chaplin dan Marilyn Monroe.

Atraksi yang bisa ditemukan di sini adalah Lights!, Camera!, Action! di mana kamu bisa menyaksikan bagaimana dahsyatnya spesial efek mulai dari sebuah area yang kosong lalu diubah setingnya menjadi suatu spot di New York dan kondisinya sedang dilanda badai besar. Spesial efek yang luar biasa bisa membuat kamu seperti benar-benar berada di tengah amukan badai, angin besar lalu ada kapal-kapal yang terbakar hingga akhirnya ada sebuah kapal feri besar tiba-tiba masuk dan menghantam dek di mana kamu berdiri dan akan spontan meloncat. SERUUUUUUUU!

Jadi kalau mau ke Singapore, jangan lupa cobain USS. It's a must hihihihi. Setelah selesai dan puas bermain di USS saya kembali ke Vivo City dg Sentosa express. Ketika kaki sudah terasa sakit karena jalan kaki yg cukup jauh, akhirnya saya memutuskan untuk istirahat sebentar di Vivo City. Tepatnya sih di tamannya, ada banyak tempat duduk dan taman yg besar. Lumayan untuk celap-celup kaki, supaya lebih rileks dan menghilangkan pegalnya (sedikit). Setelah istirahat setengah jam, akhirnya saya lanjut naik MRT ke Ion Orchard.

Turun MRT saya langsung menuru Ion orchard yang tertera di papan petunjuk keluar langsung ke arah Ion. Tepat di pintu keluar MRT, langsung ada Rubi shoes store. Sepatunya murah-murah ada yg $30 for 2, $25 for 2, atau ada jg yg $5 for 1. And it's worth enough to buy, I swear if women come to this store, she will forget everything and buy shoes! LOL

(tepat di tikungan)

(kacamata by Rubi Shoes $20 for 2)

Setelah selesai beli pernak-pernik dan belanja sepatu, akhirnya saya kembali ke penginapan dan langsung istirahat. Karena terlalu capek serta kaki yg sakit, habislah bulu-bulu kaki saya alias botak karena koyo-koyo yg menempel dimana-mana.

Day 4 - 29 Jan 2013
Kalau kemarin bangun jam 9, hari ini bangun jam 10. Setelah kelaparan, akhirnya larilah kita ke kampung arab dekat haji lane.

(haji lane street)

Dan ternyata ini dekat sekali dari penginapan. Tinggal lurus terus melewati stasiun MRT, tinggal cari masjid Sultan. Ternyata disana banyak sekali orang India yg beragama muslim dan restoran2 halal. Pelayanannya pun ramah banget. They will talk to us, ask about our vacation, daily activities while we are on vacation in Spore.

Setelah puas menyantap chicken curry and rice + a glass of orange juice, akhirnya kita kembali berbelanja kekurangan oleh-oleh di bugis street. Untungnya karena masih belum terlalu siang, jadi bugis street masih kosong.

($10.90 for 1, cute lil' bow shoe for my iphone 4s)

Karena sudah mendekati waktu check out hotel, akhirnya saya kembali ke Beach Rd dan bergegas ke Changi. Tadinya mau ke Orchard dulu, karena masih pengen menyantap ice cream uncle. Tapi apa daya kaki tak kuat untuk melangkah hahaha. Akhirnya saya langsung naik MRT dari Bugis ke Tanah Merah, setelah itu transfer ke Changi Internasional.

Berhubung keberangkatan dari T1 akhirnya saya makan siang di KFC T1 sembari duduk-duduk nyelonjorin kaki. Tapi yg namanya KFC Singapore dan Jakarta itu jelas berbeda, untungnya sekarang sudah ada menu rice meal include ice green tea. Green tea disana sama di Jkt itu 100% beda bgt. Green tea disana manis dan wangi, kalo di Jkt minum ice green tea pasti udah bikin asam lambung saya kambuh hehehe.

(Original sauce hampir seperti bumbu kari, I prefer this one!)

(jangan lupa cobain cheese friesnya $3.40, enaaaak!)

Seperti yg sebelumnya saya bilang, di Singapore itu banyak sekali refill air minum. Jadi lebih baik bawa botol kosong dan langsung isi ulang saja.

(super cool! My mom doing this to waste her time)

(muka-muka bantal, need bed as soon as possible!)

Pelajaran terakhir, jangan lupa tiap ke Singapore lebih baik sediakan bagasi minimal 15kg. Karena barang-barang seperti parfum ataupun cairan yg lebih dari 100ml akan langsung di buang ke tempat sampah! NO EXCEPTION!!!

Sayang banget kan beli mahal-mahal terus di buang gitu aja. Jadi persiapkan bagasi khusus untuk barang-barang yg kira2 bakalan jadi sampah bila ga masuk ke bagasi hahaha.

Sekian dulu ya cerita dari saya, see you next time. BYEEEE ^^

10 comments

1. wiiii keren, kayak di Singapore, kenapa ngga bikin website aja?

ReplyDelete
  2. wah komplit kayak gado-gado abang kumis hihihi thanks buat share selama liburan di SG. Bisa jadi pegangan kalo sewaktu-waktu kesana hihihi

3. 1. Hotel di Bugis itu bener - bener menghemat waktu dan menyenangkan yahhh hihihihi... Coba deh lain kali makan di "all u can eat" depan Beach Hotel.. USG 20.00/person... Dan makan sampe bunciiittt hihihihiiii...

2. KOYOOO itsssss a MUST!!! Pake sendal jepit masih sakit yah, coba pake Crocs aja,, dijamin kaki cantik akan "lebih tenang" hihihih

3. I think im getting "tooooo" OLD,,, zzzzz mau pengsannn abis Galactica.. Tapi perlu dicoba bangettt yahhh..

4. Ruby, Ice Cream, its a MUST (banyakkk amat mustnya hahahahha),, coba lain x ke Anchor Point.. U'll get Charles & Keith under SGD 30.00 (diskonnya seriiiiinnnnggggggg...).

Senengggg liat reviewnyaaa.. Nice picture... Ditunggu next destination hihihi...

Replies
    1. ya ampun lengkap banget infonya, thanks ya dear. Aku kemaren ke charles and keith tapi lagi jelek2 modelnya, belum ada yg aku taksir banget ga kayak tahun lalu hehehe

Wah boleh tuh yg all you can eat restonya, nanti aku coba deh. Kebetulan september aku mau kesana lagi mau ngerayain ultah papaku.

Thanks dear infonya ^^

Delete
    2. Hihhihiii,, asiiikkkk.. asikkk...
      Iya sih CK kadang krng bagus modelnya,, tapi klo ada yg murah mah dibeli aja trs dijual lg hahahhahaha...

di all u can eat itu yaaa namanya jg Singapore, sedangkan di Malaysia aja tetep banyak pork... So, pilih - pilih dulu sblm makan,,, coz area daging di tempat - tempat yang bersebelahan.. Lg ngeri yah SGD nya... udh mau 10.000 semua barang jadi mendadak mahal... Masa Naked Pallete disana SGD 83/85 zzzzz... padahal klo ikut PO disini kenanya 700an hohohohoho.. Haiii dollarr dollarrr cepatlah turun hihihihih... AMEN.

Delete
    3. Iya betul juga ya hehehe, emang ga bakat jualan nih kayaknya aku.

Hah betul banget, dollar buruan turun deh!!! Kesel banget minggu lalu aku ke spore kena kursnya 9690. Beda tipis sama USD hahaha

4. bugis street memang tempat belanja untuk oleh-oleh
    informasi menarik terima kasih

ReplyDelete
  5. Hai sis, kalo cairan gitu bisa masuk bagasi ya? Kalo yang gabisa masuk kabin ya sis?