Perpanjang Passport Online

Hai guys, kali ini aku mau share pengalaman nih. Ceritanya minggu lalu aku habis perpanjang paspor karena insya ALLAH bulan depan mau holiday ke luar sama my only one brother hihihi (jadi curhat). Nah karena males pake calo, akhirnya memberanikan diri buat nekat cobain perpanjang paspor online.

Fyi, perpanjang paspor secara online itu baru bisa di Jakarta Barat dan Jakarta Selatan. Definitely, aku pilih di Jakarta Barat karena emang rumah aku di sekitar Jakarta Barat juga. Caranya gampang ternyata, tinggal klik link di sini. Abis itu pilih pendaftaran personal, and then ikutin aja intruksinya dan pilih langsung kapan dan jam berapa kamu mau datang! 

Nantinya kamu bakalan dapet pdf seperti ini:

Perpanjang passport online

Jangan lupa untuk print bukti tanda terima permohonannya di kertas A4 ya! 

Terus apa aja sih kelengkapan yang perlu dibawa?

  1. Jelaslah bawa tanda terima permohonan yang sudah di print di A4.
  2. KK, Akte Kelahiran, KTP/Kartu identitas diri, Paspor lama (bawa fotokopi semua berkasnya di kertas A4 dan yang asli juga wajib di bawa).
  3. Baju rapi, no sandal and KUTANG ahahaha. Harus rapi tapi ga usah kemeja putih celana item juga! Fotonya close up kok hihihi
  4. Pastikan berkas-berkas kamu lengkap, jangan sampai ada yg ketinggalan. Petugasnya super duper reseh!
  5. Bawa pulpen HITAM
Loket pendaftaran langsung dan online itu di pisah, jadi pastikan kamu antri di tempat yang seharusnya ya. Begitu loket di buka jam8 teng, kamu bakalan di kasih kertas form yang harus kamu isi dengan pen HITAM. Setelah diisi dan berkas kamu selesai di cek, kamu bakalan ambil nomor antrian. Setelah itu kamu bakalan dipanggil ke kasir terlebih dahulu, sesuai dengan nomor antrianmu. 

Tunggu lagi sebentar, setelah itu kamu bakalan langsung di panggil untuk wawancara dan foto. Tadaaaa kelar deh! Tinggal diambil aja paspormu keesokan harinya setelah jam4!

Walau pun oneday service, tetep aja paspor ga bisa langsung jadi ga kaya sim hehehe. Kalau ditanya ke petugasnya "kenapa ga langsung jadi? Katanya one day service?" petugasnya bakalan jawab "loh besok kan masih 1x24jam" HAHAHAHAHA

Notes:
Untuk perpanjang paspor, masa berlaku paspor  harus kurang dari 6bulan, kalau misal masih di atas 6 bulan (misalnya 7 atau 8 bulan) kamu bakalan di suruh bayar 2 kali lipat. Karena itungannya sama kayak ganti paspor baru alias kehilangan paspor.

Ya begitulah Indonesia, mau cepet2 ganti paspor malah di larang ckckck!

2 comments

  1. ak dl juga daftar barunya lewat online, tp agk susah juga kalo perpanjang musti ulang step ky bikin baru ya -___-

    moonzmine.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ho oh, trus kayak sengaja banget dicari-cari kesalahannya. Kampret banget emang hahahahha

      Delete