Tips Memakai Kondisioner Agar Rambut Tidak Lepek

Siapa sih yang nggak seneng punya rambut panjang? Terlebih untuk wanita yang memiliki wajah bulat macem aku ini hahaha. Rambut panjang adalah sebuah solusi untuk menutupi pipi chubby, don't you agree with me?

indonesian beauty blogger ririe prameswari

Namun, berasa nggak sih kalau punya rambut panjang itu lebih ribet ngurusnya? Harus rajin keramas, creambath, hair spa. Kalau nggak rajin, bisa-bisa ujung rambut jadi kering dan bercabang zzz nggak banget lah pokoknya.
Pengalaman pribadi aku sih ya, kalau rambut aku mulai agak panjang melebihi bahu pasti jadi lebih mudah lepek. Bisa-bisa harus setiap hari keramas. Bahkan kalau misal kena panas-panasan, bisa langsung lepek seketika. KZL!

Rambut panjang dan keriting, hmmm dua masalah yang harus ada solusinya. Ada sebuah cara yang senantiasa aku lakukan agar rambutku yang keriting dan panjang ini tidak mudah lepek, yaitu:

Treatment dengan kondisioner

Aku paling malas untuk creambath ke salon karena udah terlalu sibuk sama urusan kantor dan freelance. Jadi mau nggak mau, kalau ingin rambut tetap sehat ya harus merawat sendiri. Tidak memakan waktu banyak dan creambath sampai berjam-jam. Cukup menggunakan kondisioner saja. 

Rambut keriting itu teramat sangat membutuhkan kondisioner agar tidak kering. Namun kalau penggunaannya salah, bisa-bisa rambut kamu malah jadi lebih mudah lepek. Tips rahasia dari aku untuk menggunakan kondisioner adalah dengan memakai kondisioner terlebih dahulu sebelum menggunakan shampoo. Jadi saat mandi, setelah menggunakan kondisioner aku diamkan dulu sekitar 2-3menit sambil melakukan kegiatan lain seperti sikat gigi ataupun sabunan. Setelah itu baru deh aku bilas dengan air bersih terlebih dahulu, lalu gunakan shampoo untuk membersihkan bekas kondisionernya.

Tujuan menggunakan kondisioner terlebih dahulu sebelum menggunakan shampoo adalah agar kondisioner tersebut bisa menutrisi setiap helai rambutmu dari ujung hingga ke akar dan melembutkan rambutmu. Setelah itu semua sisa kotoran pada rambutmu akan diangkat secara maksimal dengan menggunakan shampoo. Jadi fungsi shampoo di sini adalah benar-benar untuk membersihkan setiap helai rambutmu dari sisa-sisa kotoran yang menempel pada rambut.

kondisioner mane n tail shampoo
left to right: Etude House Silk Scarf Hair Conditioner & Original Mane n' Tail Shampoo
Kalau aku sendiri sih menggunakan Etude House Silk Scarf Hair Conditioner untuk kondisionernya dan untuk shampoonya aku menggunakan Original Mane n' Tail Shampoo.

Silk Scarf Hair Conditioner (if I'm not mistaken around IDR 80k or under IDR 100k)
Sebuah kondisioner dengan aroma buah yang akan melekat pada rambut sepanjang hari. Cocok digunakan untuk rambut yang rusak karena dapat melembutkan dan menutrisi rambut hingga ke akar.

Ingredients:
1. Mengandung ekstrak Baobab Tree.
2. Camelia Oil untuk membersihkan dan meningkatkan elastilitas kulit.
3. Argan Oil yang dapat melembabkan kulit kepala.
4. Sunflower Seed Oil untuk mengontrol minyak berlebih pada rambut.
5. Macadamia Nut Oil untuk anti-aging dan melembutkan rambut.

Original Mane n' Tail Shampoo (IDR 120k, I purchased it online)
Untuk shampoo yang lagi hits ini sudah pernah aku review secara lengkap sekitar 5 bulan yang lalu. Kalau kalian mau tau lebih banyak tentang shampoo ini, bisa baca postinganku dengan klik di sini.

Semoga tips di atas berguna dan semoga rambut kamu tidak mudah lepek lagi hahaha. Kalau untuk aku sendiri sih teramat sangat memberikan dampak yang positif *bahasanya baku amat mbak*. Sekarang nggak perlu lagi keramas tiap hari, cukup dua hari sekali aja keramasnya. Senangnyaaaa, nggak perlu bangun pagi-pagi untuk keramas hahaha.

Hope you find this post useful♥

With love,
Ririe Prameswari

5 comments

  1. rambut panjangku akhirnya kupotong 5cm. karena udah gak tahan urusnya :'(

    aku baru tau kalo pake conditioner dlu baru disampoo-in hehehe. thanks yaaa buat tips ya. pengen coba aaah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama nih mulai ga tahan, apalagi panasnya Jakarta hmmm makin bikin ga kuat deh hahaha. Sip sip, semoga rambutnya ga gampang lepek lagi ya hehe :D

      Delete
  2. Iya betul banget ngerawat rambut panjang emang lebih ribet. Rambutku juga kering dan harus pake conditioner kalo nggak kusut T-T Jadi pengen coba shampoo Mane n Tail nya, btw :D

    xx
    http://felishmichelle.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Totally agree! Kalo ga pake kondisioner jadi kusut tapi kadang kalo pake jadi lepek. Ternyata selama ini caranya yang salah ahhahahha

      Delete
  3. rambut aku panjang sepinggang mba dan rambut nya pun jelek banget hehehe bercabang dan kering mau di potong juga gak boleh sama orang rumah biasanya aku suka pake kondisioner sunsilk sama vitamin elips nya tapi tetep saja rambut nya gak berubah menjadi berkilau :( boleh deh dengan tips yang di atas aku mau coba biar rambut aku bersih dan berkilau hehehehe

    ReplyDelete