4 Tips Wajib Untuk Rambut Keriting

Inget banget deh, waktu aku masih SMP yang namanya rebonding itu lagi hits berat. Sampai-sampai aku yang emang dasarnya berambut keriting, ikutan tergoda untuk rebonding rambut di salon favorit mami aku kala itu. Bukannya beres, mamiku bilang aku lebih mirip tikus abis nyemplung di got!

hair treatment how to blow your curly hair

Belum selesai masalah eksistensi rebonding rambut, muncullah tren baru yaitu smoothing. Yang konon katanya lebih bagus dari rebonding dan lebih aman juga untuk kesehatan rambut.


TRUE STORY
Temen aku pas SMA rajin banget smoothing rambut PADAHAL DIA COWOK! Alhasil, rambutnya rontok. Bener-bener rontok dari akar, tinggal ditarik langsung copot. Ini aku ga bohong! Siapa pun temen SMA aku yang baca ini pasti langsung tau orangnya hahaha.

Well, aku ga pernah smoothing rambut sih hanya 3 kali rebonding dan itu pun aku lakukan setahun sekali. And I finally realized, why don't I try to love my natural curly hair? Rambut aku yang alami "keritingnya", rambut aku yang kalo bangun tidur kadang kayak singa ini dan kalo abis mandi lurus, lalu begitu kering jadi berombak dan begitu kena panas langsung bergulung-gulung jadi ikal dan keriting gantung.

Dan yaaa, akhirnya sekarang aku menyadari hal itu walaupun butuh waktu agak lama juga untuk bisa mengenal "gimana sih caranya merawat rambut keriting". Rambut keriting itu lebih mudah kering dan agak lama untuk panjang. Gimana ga lama? Baru panjang sedikit udah ngegulung-gulung ke atas hahaha.

Berikut ini, aku mau membagikan 4 tips wajib untuk kalian yang juga memiliki rambut keriting seperti aku, agar lebih menyadari bahwa rambut keriting kalian itu indah banget dan jangan sampai  kalian ingin mengubahnya! Dan yang perlu diperhatikan untuk membuat rambut keriting kamu selalu tampil indah setiap hari adalah hal-hal di bawah ini:

1. Treatment Rambut

Beberapa bulan yang lalu aku sempat sharing juga gimana caranya merawat rambut dengan menggunakan kondisioner yang benar agar rambut kita ga mudah lepek. Rambut keriting lebih mudah kering dan lepek loh, apalagi kalau cara memotongnya nggak benar, bisa-bisa bagian ujungnya langsung bercabang. Oleh karena itu, penggunaan kondisioner bisa membantu kita untuk menjaga kelembaban dan kesehatan rambut kita.

hair treatment lucido-l smooth & airy hair milk

Selain itu, kita juga bisa menggunakan vitamin rambut setelah rambut 75% kering. Perhatikan dan kenali terlebih dahulu jenis rambutmu sebelum kamu menggunakan vitamin rambut. Jangan sampai kamu menggunakan vitamin rambut untuk jenis rambut kering, padahal jenis rambutmu yang sebenarnya adalah berminyak. Bisa-bisa rambutmu makin lepek! Sama halnya dengan memilih shampoo hehe.

2. Tips Mengeringkan Rambut

Jangan keringkan rambut menggunakan handuk yang kasar! Untuk rambut keriting, kalian harus mengeringkan rambut dengan handuk yang berbahan lembut dan mudah menyerap air, agar rambut bagian dalam tidak lembab.

blow dry your hair like a pro

Setelah itu, jangan ikat rambutmu. Biarkan tergerai dan kering secara natural. Boleh gunakan hair dryer, namun pastikan kamu sudah menggunakan vitamin rambut terlebih dahulu untuk mencegah rambut kering.

3. Sisir dan Biarkan Rambut Mengering

Pilihlah sisir dengan bagian kuas dalam yang agak jarang untuk mencegah rambut kusut dan rontok. Rambut keriting akan mudah kusut kalau kamu menyisirnya dengan sisir yang pipih dan padat.

selfie close up hair treatment for curly hair

Setelah itu, biarkan rambut tergerai dan jangan sentuh sampai rambut benar-benar kering. Dengan begitu, kamu bisa membuat rambut keritingmu menjadi lebih bervolume dan tampak cantik sempurna.

4. Gerai Rambut Saat Tidur

Nah, ini tips yang aku dapat dari almarhum kakek aku. Anggaplah ini resep leluhur hahaha. Dulu waktu aku masih kecil, rambut keriting aku tuh selalu kusut dan susah di sisir saat bangun tidur. Lalu kakek aku nyuruh aku menggerai rambut ke arah atas kepala agar rambut tidak tertindih oleh kepala kita sendiri. Dengan begitu, saat terbangun nanti rambut kita akan tetap tampak rapih dan dijamin bebas kusut!

do's and dont's while you sleep for your hair treament

Nah, untuk kalian yang memiliki rambut keriting please try to love your curl more! Dengan begitu kamu akan tampil lebih percaya diri dan kecantikan alami kamu juga akan semakin terpancar.

Be yourself, because everyone else is already taken!



beauty blogger indonesia - sweetlikeapeach.com by ririe prameswari

♥♥♥♥♥♥

If you have any question please don't hesitate to ask me on http://ask.fm/Ririeprams
Jangan ragu untuk bertanya ke : http://ask.fm/Ririeprams

20 comments

  1. Setuju banget sama kamuh., be your self.! ♥,♥
    Aku lahir dengan rambut lurus.,malah hobi banget blow variasi buat dapetin rambut bergelombang or kriting dibagian bawah.,manusia emang ga ada puasnya.,hihiii

    Btw pemilihan treatment yang pas emang paling penting buat menjaga kesehatan rambut yahh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha setuju banget "manusa emang ga ada puasnya", tapi untungnya sekarang aku sadar kok kalo rambut yang indah itu ya yang natural aja.

      Ribet emang, makin panjang rambutnya makin ribet perawatannya >.<

      Delete
  2. sama kak rie, rambut aku juga klo bngun tidur macam singa :3 .
    Rambut aku gelombang2 gtu, kering , kasar kesan nya .
    Akhir nya pas tau dunia beauty, baru si rambut di perhati'in , trus biasa'in lakuin hal2 yg kk rie sebut td.

    I just follow u on GFC, mind to followback kak ?

    http://kawaii-diary98.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toss dulu dong kalo gitu hahaha. Merawat rambut itu susah-susah gampang ya, tapi kalo ada yang nanya "rambut kamu bagus banget" waaaah itu rasanya puas banget!

      followed! :)

      Delete
  3. Setuju banget kak ririe, rambutku nggak keriting sih tp agak gelombang ga jelas gitu. Dulu aku smoothing 2x terus rambutku rusak T_T banyak rambut mati terus rontok juga. Akhirnya aku biarin aja ga smoothing lagi, jadi atasnya gelombang bawahnya lurus gitu amit2 hahaha skrg uda kebiasa aja ama rambutku yg awut2an gini :3

    ♡ MY BLOG ♡

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya smoothing atau rebonding, tetep aja sama2 ngasih bahan kimia ke rambut hiks :(

      huahahhaha akhirnya pasrah ya?

      Delete
  4. rambutku lurus, tapi ujungnya suka mencuat ke berbagai arah. bersyukurlah yang punya bentuk rambut yang jelas. jelas lurusnya atau jelas curlynya :D
    oia masalah smoothing kayaknya emang bikin rambut beneran rusak, temenku ada yang abis smothing rambutnya langsung pada patah. bertahan seminggu doang, akhirnya dia babat habis rambutnya jadi kayak laki. aku liatnya aja sedih, kalo aku jadi dia pasti udah nangis 7 hari 7 malam.. hehe...lah kok komennya jadi panjang gini yak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gapapa komennya panjang tapi seru huahahahaha. Itu true story temenku juga, bener2 rontok dari akarnya serem banget akhirnya dibotakin sama dia >.<

      Delete
  5. gue malah pengen banget punya rambut ikal cantik tapi dapetnya lemes udah kaya papan. huhuks. Rambutnya bagus banget, rie!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah, disyukuri aja Van huahaha. Thanks cantik :*

      Delete
  6. tips yang terakhir berguna banget dan sudah aku coba praktekan beberapa hari ini ^^
    rambut jadi lebih rapih, lumayan jadi ga terlalu kusut juga pas mau berhijab jadinya :)

    oia, aku follow blognya yah, feel free kalau mau follow back ^^

    destywidy.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seriously? Seneng banget kalo tips aku berguna untuk orang lain hehehe. Thanks for stopping by dear :)

      Delete
  7. aku salah satu koban rebonding smoothing! sekarang sadar ngapain sih begituan ngga bersyukur banget. keriting itu unik dan pasti cantik asal tau ngerawatnya hihi.
    km pakai shampo apa ri? rambut aku kering banget dan rontok gr2 efek kejahatan rebonding masa kelam -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya put, natural aja lebih cantik hihi. Aku pakai mane n tail yg original udah hampir 8bulanan nih dan cocok banget hehe

      Delete
  8. Rambut keriting ganas *kribo bisa nggak kayak gitu :)
    keriting banyak rintangannya, Tuhan nggak adil :D

    ReplyDelete
  9. Mau tanya dong vitamin yg gak bervolume buat rambut supya gak bergelombang apa ya? Soalny rambut aku gelombang bgt nih, thank you

    ReplyDelete
  10. aku pernah smoothing sekali dan yes! mukaku jadi kotak aneh ga jelas kata emakku kayak orang sakit ._. dan setelah setahun tumbuh lagi langsung aku babat abis yg masih ada sisa2 smoothingnya. untungnya rambutku ga kriwul2 amat cma agak wavy gitu bagian dari bahu kebawah atasnya sih lurusan.
    tapi manusia yah sometimes pengen lurus jadi kadang2 di catok ahahaha. tapi belakangan juga jadi suka sama rambut wavyku lagi gara2 liat videomu sist. lupa yg edisi mana yang rambut2 itu pokoknya yang ada hair dryer nya. kalau disyukuri emang semuanya keliatan lebih indah #ehh

    ReplyDelete