Oh No! Iritasi Mata Karena Softlens

Bulan lalu aku abis beli softlens, bukan endorse atau sponsorship, tapi benar-benar aku beli sendiri with my own money. Karena biasanya aku selalu menggunakan softlense berwarna-warni, kali ini aku pengen icip softlens berwarna hitam. Ya tujuannya buat bikin mata aku jadi lebih besar aja hahaha.

solusi cara mengatasi iritasi mata karena softlens by beauty blogger indonesia Ririeprams

Aku beli softlens ini secara online. Tanpa perlu nunggu lama, akhirnya softlens aku terima dalam keadaan baik. Setelah aku buka packagingnya, langsung aku bersihkan dengan cairan softlens. Biasanya sih softlensnya selalu aku diamkan seharian, setelah itu aku ganti lagi dengan cairan softlens yang baru. Tapi kali ini karena aku mau ada acara, jadi ga pake nunggu lama langsung aku pake aja, padahal baru 5 menit aku celup-celup ke cairan softlens hahaha.

Aku hanya meneteskan rewetting eye drops 2 kali selama menggunakan softlens tersebut semalaman. Ga ada perasaan aneh, gatal atau apa pun itu. Aku sempet notice sih mata aku sedikit merah pas lagi ngaca di toilet, tapi aku pikir mungkin itu hal wajar saat menggunakan softlens, jadi aku copot softlensnya entar-entaran aja kalau acara sudah selesai dan sampai di rumah.

Setelah sampai di rumah aku langsung ngaca dan oh no! Mata aku bener-bener merah dan urat-urat syaraf mata merah semua, aku sampe speechless! Mau nangiiiiissss, aku takut banget, trus langsung kepikiran yang nggak-nggak, takut ini, takut itu. Dan saat itu sudah jam12 malam, besok paginya aku ada kerjaan yang mewajibkan aku untuk foto-foto, trus what should I do?

(Mohon maaf aku ga sempat mendokumentasikan waktu aku lagi iritasi mata.) Kira-kira merahnya seperti gambar di bawah ini:

eye irritation because of contact lenses
source: google
Pelan-pelan aku copot softlensnya dari mata kanan dan kiri (tetep harus di mulai dari sebelah kanan supaya masuk surga hahahaha) dan baru berasa pedas kayak abis ngiris bawang gitu. Pedih banget rasanya! Bodohnya aku, bukannya pakai obat tetes untuk iritasi mata, aku malah pakai obat tetes mata saat menggunakan softlens. Ya nggak ngefek apa-apa lah ya hahahha.

Dengan sangat terpaksa aku harus tidur dengan keadaan gelisah malam itu dan berharap besok pagi mata aku sudah kembali normal! 

Keesokan harinya, mata aku masih merah pake banget! Aku baru sadar kalo obat tetes mata semalem itu khusus untuk penggunaan softlens doang, bukan untuk mata iritasi ahhahaha. I KNOW! I'M SO STUPID!

Aku ga pede buat foto close up dan selalu mengernyitkan dahi plus nyipit-nyipitin mata, walau pun mata aku udah sipit hahaha.

eye irritation because of contact lenses

Visine, insto dan obat tetes mata untuk iritasi udah aku icip semua tapi nggak ngaruh apa-apa. Mata aku ga berasa sakit sih, cuma merahnya itu annoying banget. Semakin dikasih obat tetes mata, mata aku semakin keliatan berair kayak orang abis nangis hahaha. Untungnya photoshoot hari itu berjalan lancar dan ga terlalu keliatan di kamera kalo mata aku lagi iritasi.

indonesian beauty blogger ririe prameswari
can't you see my itchy eyes?
Setelah kerjaanku beres, aku baru inget kalau dulu aku pernah sakit mata dan dikasih obat tetes mata Cendo Xitrol sama dokter. Bener aja loh, obat tetes mata ini ngefek banget! Cuma pakai 2 kali aja udah mulai berkurang merahnya.

cendo xitrol obat mata untuk iritasi

Harganya cuma Rp. 39.000 dan tersedia di apotek besar (katanya sih kalau beli ini harus pakai resep dokter, tapi pas aku beli ini sih ga diminta resep dokter.) Waktu diteteskan, mata aku berasa kayak kena irisan bawang lagi, pedas banget. Dan ga lama setelah ditetesi, rasanya tuh air obat tetesnya masuk ke tenggorokanku dan tiba-tiba berasa pahit banget hahaha. Jadi setiap menggunakan Cendo Xitrol, aku saranin sedia permen sama air putih. Karena bakalan berasa pahit banget.

cendo xitrol obat mata untuk iritasi

Tapi beneran setelah pemakaian kedua dalam satu hari yang sama, iritasi di mata aku mulai memudar dan berangsur kembali normal. Lalu setelah pemakaian ketiga keesokan harinya, mata aku sudah kembali normal, hanya ada sedikit merah di bagian pangkal dalam saja. And finally I stopped using Cendo Xitrol setelah penggunaan ke-6 kali di hari kedua.

iritasi mata karena softlens

Oh iya aku menggunakan obat tetes mata ini sama seperti minum obat. Sehari 3 kali dan diberi jeda minimal 6jam setelah penggunaan sebelumnya. Aku sih langsung berhenti menggunakannya di hari kedua karena memang sudah tidak iritasi lagi.

Sampai saat ini aku masih nekat menggunakan softlens yang bikin aku iritasi itu. Tapi alhamdulillah sudah aman tuh. Sepertinya bukan salah softlensnya, tapi salah aku sendiri yang malas membersihkan softlens hahaha. (Maafin Ririe ya ALLAH)

Adapun fungsi Cendo Xitrol yaitu untuk menyembuhkan iritasi mata dengan indikasi berikut ini:
  • Radang mata
  • Radang permukaan kornea
  • Radang iris
  • Pencegahan infeksi setela operasi mata
  • Radang kornea bagian dalam
N.B:
Namanya juga obat iritasi mata, berarti jangan sembarangan pake ya. Kalau udah sembuh ya harus langsung stop, kalau nggak yang ada nanti malah tambah parah hihihi. Aku share cerita ini murni berdasarkan pengalaman aku pribadi, kalau memang kalian ga yakin ga usah dicoba. I'm not a doctor, jadi aku ga bisa kasih info banyak, hanya sekedar cerita apa yang aku alami aja hihihi :*

Hope you find this post useful! Keep your contact lense clean and don't forget to wash your hand before you applying your contact lense, it is a must!

beauty blogger indonesia - sweetlikeapeach.com by ririe prameswari

♥♥♥♥♥♥

If you have any question please don't hesitate to ask me on http://ask.fm/Ririeprams
Jangan ragu untuk bertanya ke : http://ask.fm/Ririeprams

103 comments

  1. ak punya pengalaman yang sama,mata merah gara" softlens lokal (warna hitam juga lagi XD) tapi bedanya mataku merah setelah seminggu pake,padahal awalnya ga kenapa-kenapa dan pas merah itu juga didiemin,sampe dirumah di cek ternyata merah banget,trus langsung tetesin insto gitu dan ga ngefek,udah gitu pas berkedip sakit banget,kayak berasa ada yang ganjel gitu.

    2 hari mataku tetep merah,akhirnya ke apotik nanya" obat mata untuk iritasi,sama mbak" apotiknya disaranin ini juga hahahah,karena uda hopeless yauda beli aja,eh ternyata baru 1x tetes merahnya berkurang,mataku bener" ga merah setelah 3hari..

    dan emang yah,abis ditetesin ini di hidung dan tenggorokan berasa pahit banget,ak kira cuma ak yang begitu :D

    nice review :)

    nataliaanatt.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, sepertinya obat ini emang agak keras dibandingkan obat tetes mata biasanya. Tapi bersyukur banget bisa sembuh dengan cepat :D

      Semoga kita ga iritasi lagi ya (doa bareng2) hahahhaha

      Delete
    2. makasih ya ka infonya, aku baca sambil ngalamin apa yg kaka alamin huhu. mata aku merah gitu 22nya gara gara pake softlens item 16 mm. emg dr dulu pake softlens itu sih pernah merah juga matanya, tp aku biarin sampe 3 hari baru reda. nah kali ini merahnya tuh bener2 sampe dikedua mata aku. aku sih ga ngerasain perih di mata atau ganjel, cuma merahnya aja yg bener2 ganggu bgt. fix sih aku bakal coba obat yg kaka pake, semoga aja cocok xixixi aku takut bgt knp2 sm mata aku. overthinking gtu loh😖

      Delete
  2. Ini yang bikin aku maju mundur buat pakai softlens. Ngeri Rie... >.<

    http://bjorkiagadzotica.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Awalnya juga aku takut pakai softlens, begitu sekali pakai langsung bisa trus ketagihan sampe sekarang hahaha :p

      Delete
  3. iya ak dl juga prnh sakit mata walaupun bukan gr" soflens, dan obatnya pun kek gitu, pahit banget jd ak selalu makan permen sblmnya ..
    obat mata yg ampuh mgkn emg yg bgitu :D
    thanks for sharing ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener ya? Emang pahit di tenggorokan hahaha. Lumayan ampuh tapi ngeri juga sih kalo keseringan pake, jadi begitu sembuh langsung aku stop. Ga enak juga kan pahit hahahah

      Delete
    2. sebenernya untuk mengatasi pahit itu cukup dengan menekan bagian di antara mata yang ditetesi dengan hidung. karena disitulah letak saluran yang menghubungkan cairan mata dengan mulut

      Delete
  4. ak juga pake ini lho kakakk..tapi fyi nih ..ada keluaran cendo juga buat menjaga kesehatan mata yg bs dipake continue utk mencegah iritasi ..ak lupa namanya tp masih 1 vendor sih kak..kalau yg ini kan gabole berkepanjangan..heheheheheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh ya? Yang warna apa tuh kalo boleh tau? Ho oh bener, emang ga boleh berkepanjangan. Namanya juga buat iritasi, masa mata normal dipakein obat iritasi hahahhaha. Thanks for stopping by dear :*

      Delete
  5. aduhhhh aku juga pernah loh mata merah pedih pedes kayak ditemplokin bawang... Sakit banget! Waktu itu aku lumayan lama juga sembuhnya, soalnya aku pake obat tetes mata merah biasa aja kali ya :( Mengganggu aktifitas banget apalagi karena ga bisa pake softlens.

    Thank you buat postnya. Lain kali kalo kejadian gini lagi, bakalan coba Cendo Xitrol deh.. -semoga ga akan pernah sih- hahaha.

    Bella / http://everythingaboutbella.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duh, jangan sampe iritasi lagi deh Bel. Serem, mata merah kayak zombi hahahaha

      Delete
  6. Hmmm denger ceritamu aku baru sadar Rie, kayaknya aku juga iritasi pake soflenku yang kemarin. Perihnya bener deh kayak ngiris bawang, pas dibuka perih juga T_T
    OMG sampe takut aku pake soflen lagi haha.

    Nice post Rie, tar ikutan beli ah kalo pas iritasi haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sama, aku juga jadi agak takut pake softlens. Kalo ga butuh-butuh abnget, aku lebih baik pake kacamata aja deh hahaha

      Delete
  7. sama kak rie, aku juga pernah iritasi gara2 si softlens , cuma warna ny biru diameter 22,8 mm. ehh diriku malah malas bersihin sm netesin air softlens ( cuma 3X ) padahal kena AC 13 jam. aa perihh banget , pedess huhu.

    mesti cari ni, buat persiapan /?
    http://kawaii-diary98.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh diameter 22.8mm itu gede banget, gimana makenya hahahahha. Siap-siap iritasi? LOL~

      Delete
  8. Wah baru tau sekarang nih obat, dulu pernah iritasi kaya gini iya obat yang km sebutin sblumnya ga mempan gitu, next persiapan ah obat ini, tengkiuu cynnn reviewnya :*

    Xoxo
    http://leeviahan.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga nyangka, ternyata banyak yang pernah ngalamin iritasi mata karena softlens trus pake obat iritasi mata biasa dan ga mempan hahahah.

      Sip darleeeng, semoga membantu ya hihihi :*

      Delete
  9. Halo mba, mau nanya ni. Mba pake yang minus ato ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener, aku pake yg minus. Kenapa emangnya? hehe

      Delete
    2. Mau tau aja mba. Jadi mba skrg pake softlens ato kacamata aja? Soalnya aku juga pake softlens kadang kadang bisa merah juga. Lagi binggung juga ni kalo pake kacamata rasanya kurang pede.hehe

      Delete
    3. Aku sekarang lebih sering pake softlens, tapi kalo weekend tetep pake kacamat buat istirahatin mata hehe. Kalo sering merah katanya sih kurang bersih pas bersihin softlensnya. Pake yang daily contact lense aja, jadi abis pake langsung buang :D

      Delete
  10. Wah makasih banget mba buat infonya. Mataku skrg lg merah gara2 softlen. Mau aku cobain deh obat tetes matanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cobain aja, tapi kalau sudah hilang merahnya harus langsung berhenti ya :D

      Delete
    2. Iya rasanya kayak kering gitu hehe

      Delete
  11. Wah, baru nemu postingan ini. Mataku lagi iritasi kayaknya, gak mau dipakein softlens, 5 menit pake langsung berasa perih dan panas, Padahal sempet ganti merk cairan softlens dan di rendem lama trus ganti air baru, sebelum pake juga cuci tangan dulu, tapi ya itu kayaknya emang gak cocok. Dan anehnya lagi, mata mulai aneh pas pake softlens dari Korea. Apa ngaruh juga ya materialnya? Hahahaha... Btw, aku dapet rekomen buat pake Cendo Xitrol. Thanks Ka atas postingannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lintaaaang! Ahhhh aku ngerti banget kok itu rasanya sakit banget dan deg-degan juga soalnya kan di area yang sensitif ya. Jangan sampe deh kenapa-kenapa dengan mata kita. Kalo emang udah gak cocok lebih baik gak usah dipake lagi daripada kenapa-kenapa hiiii serem :(

      Delete
    2. Hai lintang, aku juga ngalamin sama kaya kamu nih. Jadi pertama kali pake softlens baru beli itu nyaman banget. Setelah itu aku ganti cairannya dan pake baru 4 hari kemudian, terus perih banget pdhl baru 5 menitan pake. Aku beli cairan softlens baru krn aku pikir cairannya ga cocok, eh tetep perih dan merah. Kamu udah coba cendo xitrol nya? Gimana reaksinya di kamu? Makasih :))

      Delete
  12. aku juga pernah ngalamin mata iritasi gara" soflens :( dulu mata aku sakit juga ada rasa yang mengganjal gitu kaya yang kelilipan padahal gak ada apapa di mata mungkin mata aku gak cocok pake soflens mungkin ya mba :( sudah di obati dengan insto tapi tetep aja mata nya merah gak hilang dan akhirnya aku berhenti memakai soflens nya sampai saat ini mata aku merah terus :'( jadi kotor deh mata nya ... mungkin dengan solusi yang di atas mata aku bisa putih lagi kaya nya :) mau di coba ahh di tetes dengan cendo xitrol mudah-mudahan bisa sembuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngeriiiii banget, kok bisa merah terus? Itu ada kemungkinan kamu emang gak cocok sama softlens-nya atau mungkin kamu jarang bersihin softlens :(

      Delete
  13. kak urat mataku pada keluar semua setelah pake softlens.. gimana ya cara ngilanginya :( padahal dulu ngga gini loh :( aku uda pake softlens 3 tahun, nyadarnya baru sekarang :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duh kalo kayak gitu sepertinya kamu harus ke dokter deh. Dan mulai berhenti pakai softlens. Pemakaian softlens itu harus ada jaraknya. Misal seminggu kamu selalu pake tuh buat kerja. Dua hari, di weekend kamu gak usah pake softlens. Biar mata kamu juga istirahat :D

      Delete
  14. halo salam kenal mba...
    Btw memang untuk lebi baiknya rendam dulu ga usah semalaman, sekitar 4 jam cukup kok. Baru dipakai.
    Kalau saya untungnya mata saya langsung kerasa ganjal kalo ga enak/ga cocok, jadi ga usah lama2 langsung dilepas, jadi ga iritasi krn kelamaan. tapi ya susahnya itu, susah cari yg cocok. Baru dipakai sekali lgsg ga enak, besok2nya ga dipakai lagi.
    Sejauh ini paling nyaman softlens made in korea, merk G*o dan itupun diameternya harus <14.5mm karena saya ga bisa pake yg besar2 (makanya heran juga orang lain suka efek gedein mata, kalo saya pasti udah ga betah hahahaha).

    Kalo iritasi, sebaiknya ke dokter aja, karena supaya dokter bisa meriksa, siapa tau iritasinya levelnya ga cukup hanya dgn obat tetes (jangan sampe lah ya). Saya pake softlens jg jarang2, pas make upan aja (ke gereja, pesta), sehari2 pakai kacamata aja.

    Ok nice post, keep writing.

    Main ke blog aku ya : griyatawang.wordpress.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Dini, salam kenal juga. Makasih ya udah mampir hehe

      Ah samaaa, aku gak bisa pake sotlens yang gedenya kebangetan karena ngeganjel. Bener, emang baiknya ke dokter hehe :D

      Delete
  15. hallo kak mau tnya, wktu mata nya iritasi smua nya atau bgian bwah aja yg merah ? aku skrg iritasi krna softlens kbwa tdr dan mata merah bgt nih, aku bngung knpa ya, apa krna ga cocok atau aku bwa tdr soalnya aku bru gnti merk softlens yg dlu mah ga knpa knpa, bru yg skrg aja jd merah bgt :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku semuanya merah hihihi. Lah kok bisa softlensnya kebawa tidur? Ngeri banget :(

      Jangan pernah pake softlens sampai dibawa tidur ya, itu bisa2 bukan iritasi lagi tapi jamuran

      Delete
  16. Mbaaaa,bulan lalu aku beli softlens item juga,nah sama sama aku langsung pake ga di rendem dulu,aku pikir gpp soalnya kan masih bersih,eh pas dipake mataku jd merah merah gitu tiap pake softlens nya padahal kan masih baru yah,aku gapede kalo gapake softlens soalnya mbaa:(

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahha solusinya adalah: cuci bersih softlensnya sebelum dipake, minimal 6 jam hahaha. Yaudah kamu cuci dulu aja softlens kamu pake cairan pembersih softlens :D

      Delete
  17. Kka kka pakai berapa tetes saat pakai obat ini kka?

    ReplyDelete
  18. Pernah juga nih ngerasain mata iritasi karena sofltlense gara2 coba2 pake yang diameter 21.8mm. Padahal biasanya pake yang 14mm. Mata gw kan sipit pengen gitu keliatan bola katanya gede kayak orang korea2 gitu hehehe. Niat pengen tampil cantik malah jadi merah :( next pake yang biasa aja deh gak mau coba2 lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. buseeeeettt itu guede bener, kayak alien gak jadinya? hahahha aku pernah pake yg 16 aja ngerasa jd kayak alien gitu :))))

      Delete
  19. Hai aku baru baca postingan ini dan ini aku banget! Aku jg skg lagi merah mata kiri aku karena softlens baru beli minggu lalu, awal make biasa aja smpe hari ke 7 tiba2 merah, anehnya selama make ga ngerasa perih cuma merah aja tapi pas softlens nya dicopot perih bgt dan merah kayak zombie serem akuut.

    Aku terpaksa make cendo Augentonic karena cendo xitrol nya ga ada, habis di apotek. Pikir aku sama aja kayak cendo xitrol makanya aku beli, tapi 2 hari make malah ga sembuh masih merah kak, hix. Kayaknya mau make dan nyari cendo xitrol sampe ketemu soalnya dulu jg pernah merah mata trus make citrol sembuh. Nice post, kak!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku gak tau sih obat mata yang kamu pake itu fungsinya untuk apa. Tapi setau aku kalo iritasi mata ya pakai cendo xitrol aja jangan yg lain. But I'm not a doctor, jadi kalau gak yakin lebih baik langsung ke dokter aja ya biar cepet sembuh :*

      Delete
  20. Kak salam kenal. Klu mataku rasanya gatel gtu ada yg ganjel. Bisa pake obat itu gak yahhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan! Kalo gak iritasi beneran, jangan pernah coba-coba pakai obat ini nanti kenapa2. Pakai obat tetes biasa aja ya hehehe

      Delete
  21. Halo salam kenal, ini kok sama ya ceritanya. jadi 2 minggu lalu aku beli softlens hitam korea. pas diawal pake gamasalah sama sekali malahan seharian gitu nyamaann banget,berhubung tgl 12 des kmrn ada nikahan sebelumnya aku belilah obat tetes softlens Renuaku tetes walaupun mata ga kering nah after itu mulai gaenak nih kalo pake softlens mata pedih bgt tp ga merah dan klo di copot softlensnya masih berasa pedih tp tetep ga merah. akhirnya pake insto yg biru yg moisturizer enakan tuh. pas tadi banget aku pake dan sekirar 2jam kemudian mata aku perih dan akhirnya aku lepas. aku mau pake Cendo Xitrol juga tp kok takut ya karna mataku ga merah . need solution, males ke dokter mata. huhuhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku gak berani kasih solusi karena area mata itu sensitif. Lebih baik cepet periksa ke dokter mata. Temenku abis operasi kecil area mata karena gak bersih abis pakai softlens :(

      Delete
  22. Aku jg lg iritasi nih takut jg knp npa, tp gak p.d klo mke kacamata ngrasa g cocok ajh. So mau nanya jg nih sm kknya sbnrnya soflens yg baik itu yg mahal y? Klo yg murah gmn? Ap ada perbedaanya? Ap yg murah itu yg penyebab iritasi gni?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bantu jawab. Sebenernya mahal murah gangaruh ka. Pengalamanku, waktu itu beli yang agak murah, tapi cocok. Gapernah iritasi. Tapi pas beli yang agak mahal malah gacocok. Iritasi mulu, padahal baru banget dipasang.

      Delete
    2. Aku pernah beli sepasang 70ribu dan ternyata cocok hehehe. Semua itu tergantung sama kita. Gimana ngerawat softlensnya. Pastiin kita gak males ngebersihin softlens karena ini berhubungan sama area mata yang sensitif :)

      Delete
  23. Ka mau nanya. Aku beli soflens, tapi galama robek. Beli lagi, mereknya beda. Karna gacocok aku ganti ke merek yang lama. Air soflensnya juga beda sama yang pertama kali beli. Padahal udah ganti ke yang lama tapi mata masih iritasi terus. Pas dicuci udah gaada kotoran dua duanya. Itu mungkin ga ka kalo aku gacocok sama air soflens nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku kurang tau juga sih, coba aja ganti cairan pembersihnya. Terus cek masih iritasi apa nggak. Kalo masih iritasi juga, kemungkinan kamu gak cocok sama softlensnya

      Delete
  24. Kak pas aku pertama beli itu gk kenapa kenapa tapi kok udah 2 mingguan belakangan ini mata aku kalo abis pake softlens itu merah terus perih itu kenapa??, yang salah mata aku atau softlensnya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kamu pakein obat tetes mata gak? Terus kamu rajin bersihin softlens setelah habis dipakai gak?

      Delete
  25. hey! mau tanya dong kalau kita lagi pake softlens trs mau pake obat tetes mata , itu blh atau engga ya? soalny prnh air softlens ny abis dan kepikiran buat pake obat tetes (insto dll)

    ReplyDelete
    Replies
    1. obat tetes mata untuk softlens dan obat tetes mata biasa itu beda loh. Jadi kalau mau pake obat tetes saat menggunakan softlens, kamu harus menggunakan yang khusus softlens :)

      Delete
  26. Hai, sista ! Aku juga mau share aja nih. Akhir-akhir ini mata aku merah juga, tapi merahnya cuma di garis urat matanya aja. Jadi di urat matanya merah kayak melebar gitu. Sebelumnya aku pernah iritasi juga, tapi ditetesin pake i*sto biasanya langsung sembuh kok. Cuma ini kok gak sembuh sembuh gitu yah, huhu. Oh ya, FYI, aku pake softlens minus no colour alias bening. Cuma aku takut pake obat tetes mata yg kamu rekomendasiin itu, nanti aku jadi ketergantungan :(

    ReplyDelete
  27. Kakak udah min berapa? Terus kalo minnya udah tinggi boleh dipake setiap hari gak?

    ReplyDelete
  28. Halo kak aku juga mau sharing nih. Dulu pake softlens baik2 aja, tapi gatau kenapa waktu itu pake softlens mata aku jadi merah. Aku pikir karena udh mau abis jadi aku beli lagi padahal baru 4 bulan softlensnya, biasa ganti di bulan ke 5. Pas abis ganti softlens baru stelah dpake mata berasa merah dan kalo dilepas jadi burem. Abis dilepas dan aku tidur, mata rasanya berair terus dan belekan bikin ga enak bngt!! Huhu :(
    Tp merahnya cuma 1-2hari abis itu udah ga merah lagi cuma tiap pake dan dilepas pasti begitu lagi merah dan belekan. Udah bolak balik gonta ganti softlens warna, bening, ganti merk softlens bahkan ganti solutions ttep merah kalo dipake lagii ;( adakah yang punya pengalaman sama dan udah sembuh? Boleh dishare yaaaa ;)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo menurut aku mgkin km alergi kak
      Coba cek ke dokter ajaa :))
      Semoga mata kita baik baik ajaa yaa semuanyaa .. Amiiin

      Delete
  29. Halo kak! Mau tanya nih. Waktu kakak iritasi, iritasinya sampe perih ato silau gitu ngga kak kalo liat cahaya gitu? Soalnya dulu aku pernah iritasi gara" pake softlens trus ketiduran gitu. Besoknya mata merah dan silau perih gt kalo liat sinar matahari. Trus langsung ke dokter dikasih obat Cendo Xitrol sama 1 obat tetes lagi, tp lupa namanya. Aku sekarang masih pake kacamata nih, takut pake softlens lagi. Kalo udah iritasi begitu, masih bisa pake softlens lagi ngga yah kak? :(

    ReplyDelete
  30. Ka mata aku juga pernah ngerasa pedih kaya abis ngiris bawang, aku baru pertama kali pakai soflent, aku beli soflentsnya secara online, pas barang sampai rumah aku langsung pindahin ke tempat soflents dan langsung aku pakai dan dimata cuma bertahan 5 menit saja setelah soflent aku lepas lingkar mata bawah aku merah, solusinya bagaimana ya ka padahal aku mau ngerasain pakai soflent seharian :(

    ReplyDelete
  31. Baru banget beli softlens pas berhasil di pakek malah kayak ada yg ganjel di mata dibiarin ampe 2 menit langsung di lepas hal hasil sekarang mata jadi merah di buat nya

    ReplyDelete
  32. Makasih infonya sangat bermanfaat bagi saya yg sedang mengalami kasus serupa😁😁😁

    ReplyDelete
  33. This is what I feel right now, kayanya aku punya itu obat tetes mata dulu beli pas ponakan ku belekan, ternyata itu obatnya�������� thanks sis infonya haha�� ��

    ReplyDelete
  34. hai mbk..
    mau tanya ni, aku kan pake soflens warna item awal"nya gak merah ini mata, tpi sudah 1bln lebih kok agak merah ya ? apa krna soflens.nya ? pdhal exp nya masih lama ?
    trs aku kasih cendro xitrol emg si langsung ilang mata merahnya, tpi klo di pake.in softlens lagi kok merah lagi yaa..?
    mungkin ada yg kasih saran obat apa yg harus di pake?
    makasi sebelumnya

    ReplyDelete
  35. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  36. Keren kak postingnya!

    Http://www.chippeido.co.vu

    ReplyDelete
  37. aku juga pernah kak, karena salah beli softlens :(
    makasi reviewnya ya kak

    facial wash

    ReplyDelete
  38. Mataku jgn iritasi karena softlenz kayanya...ad bintik putihnya...kira2 bisa pakai obat ini ga ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Punya ku juga ada bintik2 putihx.. Sering bgnget.. Tiap gnti softlen psti jdx ada bintik putihx terus.. Knp ya

      Delete
  39. Kaa pernah ga kalau lg pake softlens terus mau pake tetes mata khusus softlensnya perih gt. Aku selalu gt kalau pake walaupun cuman 5 detikan perihnya tp tetep waswas :((

    ReplyDelete
  40. Hai kak boleh sharing gak kak? Dulu aku pakai softlens aman2 aja. Tapi skrng kenapa tiap pakai softlens baru nempel di mata rasanya perih panas dan nangis terus yaa kak? Padahal sudah ganti merk juga.
    Bisa bantu saraan kak? Hihi makasiih ❤

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, aku juga sering kaya gitu
      Boleh nanya kakak pakai softlens bening apa bewarna? Trus diameter nya brapa? Dulu aku pakai softlens bening nyaman banget makenya seharian,tapi aku pengen nyoba bewarna dengan diameter kurang lebih 16 jadi mata aku big eye. Pertama kali make nyaman² aja karena aku terbiasa dengan kadar air 55% tapi 3 hari kemudian mata aku jadi iritasi, aku kira cuma iritasi biasa jadinya aku tetep make. Trus seminggu kemudian mata aku bener² merah, aku pake cendo xitrol. Dan iritasi di mata aku hilang, aku gaberani make softlens itu lagi jadinya aku beli softlens bening, eh mata aku gapernah iritasi
      Jadi intinya ada 2 kemungkinan
      • Diameternya kebesaran
      • Mata Sensitive
      Bisa aja kakak juga sama kaya aku, kalau kakak pakai softlens bewarna coba ganti dengan softlens bening dan diameternya 14
      Kisahnya sama kaya kak Ririe Prameswari, semoga bermanfaat yahh :)

      Delete
    2. Wihhhh, sama kaya aku. Aku juga gitu.

      Pake yang diameter 14,5. Dua minggu lalu ngapapa loh.
      Entah kenapa td malam pas pake padahal cuma 5jam doang. Mata perih, pedas, kaya lengket banget tu soft lense. Huhuhu.

      Ternyata abis dicabut. Urat mata udah iritasi. Merah merah semua huhuhuhuhuhu.

      Nice info, btw soft lense bening ada yg buat minus?
      Sorry, newbie soalnya hehe

      Delete
  41. Permisi mau tanya aku juga ada softlens tp terkadang knpa softlens nya kerasa ganjel atau lebih ke gatel tp ga 2"nya cma salah satu dan terkadang kalo aku kedip tuh softlens kaya ga nempel 😑 bisa saran

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe... Aku juga pernah. Ternyata oh ternyata softlens nya kebalik

      Delete
  42. thanks alot kak udah share... pengalaman kakak ini hampir 100% sama kayak aku... dan kebetulan itu yg aku alamin saat ini loh..... dan kebetulan lagi aku sudah punya obat mata cendo.... sekali lagi makasih banget^^

    ReplyDelete
  43. Aku baru baca tadi pagi, karena yg aku alami sama ga pikir panjang langsung aku beli itu obat tetes mata. Dan bener baru sekali aku tetesin kira2 15 menit yg lalu udah berkurang merahnya, kelihatan beda banget dari sebelumnya. Thanks infonya, ini bermanfaat bgt ;)

    ReplyDelete
  44. Ka aku mau naanya aku kan baru beli softlens nah pas aku pake yg kirituh nyaman aja kaya gpke apa" tpi yg kanan setiap aku pake pasti kaya pans gitu ka padahal min kanan kiri sama dn juga wktu prtma kali pake waktu itu merah bgt ka mata aku jadi aku harus gmna ka tetep pake/stop aja dan aku mau tanya obat tetes mata buat softlens merk yg bagus apa makasih:)

    ReplyDelete
  45. Berguna bgt info nya mba riri, terimakasih

    ReplyDelete
  46. Kak mau tanya dong klo aku pake itu bs ga ya,,soalnya dah ganti soflens mata aku ttp aja perih sama merah smp sekarang,,,dah ganti sama kadar air yg tinggi msh ttp aja merah sama perih,,,please bantu jawab dong ka

    ReplyDelete
  47. Kak mau tanya dong,,,klo aku hisa ga ya pake obat itu,,,soalnya mata aku setiap pk soflense pasti merah sama perih,,pdhal udah ganti soflens sama merek lain n coba pake kadar air yg tinggi masih ttp aja merah sama perih,,,please bantu jawab ya kak

    ReplyDelete
  48. Ceritanya aku banget ni mbak, sampe skrg malah masih rada perih mata sebelah kanan kalo pakek lens, padahal aku udh pake cendo xytrol nya mbak, oiya Mbak ri aku mau tanya, jeda pemakaian obat sama penggunaan lensa kembali itu berapa lama ya? Soalnya aku udah coba pake, tapi sebelah kanan masih perih banget kalo pake softlens, ini salah softlens nya yg ga cocok, atau mata aku yg ga bisa nerima lens? Ini pengalaman pertama aku sejak 2011 aku udah pake lens, karna aku butuh banget lens mbak, aku minusnya udah tingkat tinggi lumayan, aku penari ga mungkin aku pakek kacamata, mohon masukannya mbak, pliis😭...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ka sudah tau jawaban nya? Akujuga ngalamin hal yang sama. Kira kura dalam jangka brp ya setelah iritasi make soflens lagi??

      Delete
  49. Kak aku pernah tuh waktu kehabisan tetes mata pas pake soflens. Abis itu mata aku jadi kering banget. Aku bingung. Langsung aku ganti make insto . Boleh gak sih sbenernya?

    ReplyDelete
  50. Kak aku newbie dalam pemakaian softlens , jadi aku beli softlens diamenternya 14,5 warna coklat dg min 1,75 tapi kenapa ya setiap aku baru pake sekitar 5 menitan mataku terasa perih dan setelah aku ngaca ternyata mataku kemerahan juga�� saat itu akhirnya aku lepas karna kalo aku tunggu lebih lama lagi malah perihnya nambah�� padahal niat aku pake itu supaya biar gabosen dg look pake kacamata terus��
    Apakah itu karena air softlens nya yg ga cocok atau karna kadar air softlens nya yg kurang tinggi? Padahal kebanyakan dari temenku semuanya cocok dg pemakaian softlens bahkan dg diameter & min yg lebih besar

    ReplyDelete
  51. Aku beli lensa warna itam juga, terus aku diamin semalaman d tempatnya dgn air lensanya. Besoknya saya coba, gak bbrpa menit perihnya dan langsung merah keluar-keluar air mata, aku langsung lepas. Dan lama hilang merahnya.
    Harus pake cendo xitrol ini kali yah.
    Trus aku mau tanya, kalau sembuh apa boleh pake lensanya lagi?? Atau??

    ReplyDelete
  52. Mataku perih dan merah banget, setelah aku pake softlens yg aku beli warna itam. Tapi softlens itu aku diamin semalaman d tempatnya dgn air softlensnya, besoknya baru aku coba, tapi belum bbrpa menit udah perih dan merah keluar-keluar air mata, jadi aku langsung melepasnya.
    Aku mau tax apa boleh aku pake softlens ini lagi kalau sudah sembuh??

    ReplyDelete
  53. Itu yang aku alami sekarang kak.dulu aku jugq pernah merah kya gini ini yang ke 3xnya aku juga awal mata merah grgr softlens pke obat itu awalnya di kasih tau omku kalo obat mata itu nnti setelah beberapa detik pahit di tenggorokan aku gapercaya eee setelah aku pake ternyata iya memang pahit terus aku ambil minum,dan sekarang aku kejadian lg kya dulu sumpah td aku rasanya minderrr bgt pas tau mataku merah aku cuma nunduk
    Btw nih aku pk id nya cowokku ��

    SeptiaLarasati

    ReplyDelete
  54. Misi ka, saya mau nanya:) kan saya sudah biasa memakai soflent nah pas saya tidak pake soflen 2 hari sampai 3 harian pas saya ingin memakai soflent lagi mata saya perih dan ngeganjal, pdahaal saya sering bersihin soflent saat ingin memakainya, saya heran sudah smua soflent saya , saya cobain sma ajh rasanya tetap ngeganjal sma perih saya tkut gbsa memakai soflent lagi, karna saya sudah terbiasa memakainya, itu antara mata saya ato soflenya ya? Gmna itu ka
    Mksih;)

    ReplyDelete
  55. Aku juga pernah, 1 tahun setengah ga ada masalah pakai softlens X2 buat kerja atau hangout dan baru kali ini iritasi yaitu merah, perih, berurat dan kalau kena cahaya bikin sakit. Udah 3 kali ganti softlens selama sebulan tp ga ada efeknya. Sekarang lagi pakai kacamata agak minder.

    Dan setelah aku searching di google ternyata permukaan mata bisa alergi loh makanya periksa ke dokter supaya jelas penyebabnya apa

    ReplyDelete
  56. Aku ketiduran trus aku lupa tanggalin soflen, eh pas bangun cuma sebelah kiri yang masih ada soflennya. Nah sebelah kanan kemana. Aku bingung ni, apa bisa soflen masuk ke dalem mata, tapi kalo dia masuk kedalam mata harusnya yang kiri jga masuk, tp yang kiri malah soflen nya stay di mata. Kira2 soflen yang dikanan kemana ya

    ReplyDelete
  57. Aku juga sering iritasi mata karna soflen .. Tp d recom temen sama obat cendo itu .. emang bagus . cepet bngt ilangnya ..

    ReplyDelete
  58. Mau nyoba pake soalnya udh seminggu mata iritasi ragara pake soflen pdahal udh pake insto tpi ga ada perubahan: (

    ReplyDelete
  59. Obat ini sm otem sm apa beda ya??
    Soalnya mata ku Tiba2 merah, trs ada putih2 nya gitu di kornea nya. Blum smpt ke dokter si, cma mau tanya aja dlu klo pake ini bahaya atau ga ya?

    ReplyDelete
  60. Setelah itu kaka pake soflen lagi ga? Berapa lama kaka ga pake soflen lgi? Atau pas kita udah bener bener sembuh gara gara obat itu boleh pake lagi? Soalnya temenku dia pernah iritasi gitu dan pengobatannya lumayan lama selama 6bln.

    ReplyDelete