Cara Alami Untuk Melindungi Kulit Dari Sinar Matahari

Oh no! Makin hari makin panas aja ya Jakarta? Baru keluar sebentar aja untuk beli makan siang, eh pas balik ke kantor rambutku udah lepek. Padahal paginya baru keramas, hiks! Gak cuma kulit, bahkan rambut juga kena dampak dari panas matahari dan polusi udara.

ririe prameswari beauty blogger Indonesia - Indonesian beauty blogger

Di dalam mobil pun kalau terkena sinar matahari bisa memberikan efek buruk untuk kulit kita loh. Yang paling utama sih pastinya bikin kulit kita jadi lebih gelap alias item dan kusam hahaha. That's why we need something to protect our skin dari paparan sinar matahari langsung dan bahaya radikal bebas. Caranya gimana? Yuk kita jabarkan satu persatu!


Gunakan baju yang tertutup rapat!

Sebenernya ini agak di luar perkiraan aku, tapi ya memang benar adanya. Stop untuk menggunakan pakaian mini di siang hari huahahaha. 

Fungsi baju itu selain untuk menutup aurat ya untuk melindungi kulit dari sinar matahari langsung. Jadi pas kita lagi melakukan aktivitas outdoor, sinar mataharinya nggak langsung mengenai kulit kita.

Banyak minum air putih

Air putih itu banyak manfaatnya! Salah satunya untuk kecantikan kulit tubuh kita. Makanya aku tuh gak kebayang kalau ada temenku yang nggak suka minum air putih dan lebih milih untuk minum soda atau pun air yang berasa (dengan pemanis seperti syrup.) Air putih tuh bermanfaat banget! Aku aja bisa minum hampir 2 liter sehari.

Dengan minum air putih, kulit kita jadi terhidrasi. Kulit yang terhidrasi itu lebih tahan terhadap sinar matahari, dibandingkan dengan kulit yang kering.

Gunakan sunscreen sebelum beraktifitas outdoor


Ada banyak jenis sunscreen, tapi gimana sih cara kita memutuskan untuk menggunakan sunscreen dari brand tertentu? Pertanyaan ini sering banget muncul di ask.fm aku! Sekarang aku mau menjelaskan sedikit tentang sunscreen. Sedikit aja ya, jangan banyak-banyak, capek cyiiin nulisnya hahaha.

Loreal UV Perfect Aqua Essence sunscreen

Biasanya aku memilih sunscreen dengan SPF di atas 30 dan PA dengan + lebih dari 3 (dibaca: PA+++.) Dan salah satu brand sunscreen yang jadi andalan aku banget adalah Loreal. Produk sunscreennya ada banyak pilihan dan bisa disesuaikan dengan jenis kulit kita. PA & SPF-nya cocok untuk kita who lives in tropical country. 

Apa sih fungsi SPF dan PA++++?

SPF berfungsi untuk melindungi kulit dari sebagian UVB yang terserap oleh awan dan berhenti pada lapisan ozon dan kaca lalu terpantul ke kulit kita. Efek yang dihasilkan kalau tidak menggunakan SPF adalah kulit kita akan semakin gelap! 

PA itu berfungsi untuk melindungi kulit dari UVA yang dapat menembus awan dan kaca. Bahkan di dalam ruangan atau mobil sekalipun, UVA itu bisa memberikan efek buruk bagi kulit kita. Efek yang ditimbulkan kalau kita tidak menggunakan produk yang ada PA++++ adalah noda hitam, kerutan, dan penuaan dini.

Setelah tau betapa pentingnya SPF dan PA bagi kulit kita, sekarang aku mau mereview beberapa produk sunscreen, yang mungkin bisa jadi rekomendasi buat kalian juga nih! hehehe.

Loreal UV Perfect Aqua Essence City UV Mist
SPF 50+ | PA++++
Harga: Rp. 149.000

Loreal UV Perfect Aqua Essence City UV Mist

City UV Mist ini memiliki packaging yang unik, tinggal spray dengan formula dry finish yang mudah terserap dan memberikan hasil akhir yang matte. Jadi bisa diaplikasikan berulang-ulang bahkan di atas makeup sekali pun. No need to blend, just spray and done!

Loreal UV Perfect Aqua Essence Lotion
SPF 50+ | PA++++
Harga: Rp. 110.000

Loreal UV Perfect Aqua Essence Lotion

Lotion Sunscreen ini teksturnya seperti air, mudah terserap oleh kulit, nggak lengket dan cocok untuk kulit berminyak. With matte finish yang cocok untuk diaplikasikan setiap pagi, sebelum beraktifitas outdoor.

Loreal UV Perfect Transparent Lotion
SPF 50+ | PA++++
Harga: Rp. 110.000

Loreal UV Perfect Transparent Lotion

Nah kalau yang ini cocok buat kamu yang suka tampil natural, karena teksturnya ringan. Diperkaya dengan anti oksidan yang tinggi dan cocok untuk kulit kering. Bisa menyamarkan noda hitam dan mengurangi tanda-tanda penuaan dini loh!

Loreal UV Perfect Instant White Lotion
SPF 50+ | PA++++
Harga: Rp. 110.000

Loreal UV Perfect Instant White Lotion


UV Perfect Instant White bisa memberikan kesan cerah merona dari pemakaian pertama loh. Buat yang pengen punya kulit wajah cerah bisa pake varian yang ini hehe. Diperkaya juga dengan antioksidan performa tinggi yang mampu melindungi kulit dengan optimal.


Loreal UV Perfect Anti Dullness Lotion
SPF 50+ | PA++++

Harga: Rp. 110.000

Loreal UV Perfect Anti Dullness Lotion

Tekstur UV Perfect Anti Dullness ringan namun agak berbeda dari yang lainnya karena berwarna ungu. Fungsinya adalah untuk membuat kulit wajah tidak kusam dan lebih fresh. Diperkaya juga dengan antioksidan performa tinggi yang mampu mengoptimalkan perlindungan kulit wajah.

Loreal UV Perfect sunscreen tekstur

Terus kalau ditanya, mana sih yang paling aku favoritkan? Hmmm, kayaknya sih yang Anti Dullness dan City UV Mist. Di pagi hari aku gunakan yang Anti Dullness terlebih dahulu, lalu di siang hari sebelum keluar kantor aku spray dulu City UV Mist hehe.

Sekian review aku yang nggak panjang tapi panjang banget ini. Hope you like it and see you on my next post~

ririeprams logo
facebook  |  twitter  |  instagram  |  pinterest
ask me on ask.fm/ririeprams

15 comments

  1. Haiii haiii Pinky Girl.. hihihihi
    Nice review dear.. Btw itu mistnya seger kan jadinya ketika dipakai?? Ahhh aku kepooo.. hihihi

    ROOSVANSIA | LOVE LIFE & MAKEUP JOURNAL

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai hai cantik, mistnya asik banget. Gak berasa kena air, kayak uap aja dan matte finishnya itu loh yang bikin kulit jadi lebih flawless hahahaha. Kece pokoknya :D

      Delete
  2. Ini lotion buat muka ya bukan badan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup right, ini lotion tapi buat muka. Kalo mau pake buat badan juga bisa kok, cuma sayaaang, boros! hahahah

      Delete
  3. Waw samaan sunscreen fave kita, yg belum kucoba tinggal yg instant white & yg spray.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Spraynya wajib kamu icip! Simple dan gak ribet pakenya. Dia teksturnya hampir kayak uap gitu aja, gak ada cairan yang akan nempel ke muka. Dan matte finish *lah macem spgnya loreal* hahahahah

      Delete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. Hi, good review. kira kira ini bikin muka kombinasi / oily jd greasy gak yah? aku pengen banget coba yg spray sama anti dullness deh (sebenernya pengen coba semua tp kok maruk kayaknya? :p)

    elusive-enigma.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  6. Kira-kira sunscreennya bisa di beli dimana ya?

    ReplyDelete
  7. Ada yang tahu kalau di surabaya beli dimana?

    ReplyDelete
  8. kira2 yang spray pemakaian nya abis berapa bulan kak?

    ReplyDelete
  9. Yang jual dimana yaa, apa di mall ada?

    ReplyDelete
  10. Dimana saya bisa beli uv perfect bb max. Sekarang carrefour gk jualan lagi produk ini.

    ReplyDelete