Persiapan Pernikahan Vol.1 : Jadian, Tunangan Sampai Penentuan Tanggal Nikah

Hai girls! Yes yes yes on April 10, 2016 I finally got married with a man who's been dating me since 5 years ago. Omg gak nyangka banget, waktu cepet berlalu. Kayaknya baru kemarin aku jadian, terus LDR selama 3 tahun, skype tiap malem minggu, sampe gak ketemu selama 7 bulan pun pernah aku alami hahaha.

Persiapan Pernikahan Vol.1 : Jadian, Tunangan Sampai Penentuan Tanggal Nikah

Di postingan ini, aku gak akan bahas tentang beauty. Aku bener-bener akan bahas love life aku sampe gimana paniknya aku dan Ervin saat tahu kita berdua akan segera menikah! hihihi. Hope you guys enjoy it.
Jadian
Intinya kita berdua itu korban perjodohan adik sepupu kita berdua. Kata siapa di jaman sekarang "Siti Nurbaya" itu doesn't exist? Kita bukti nyata dari perjodohan yang sukses hahaha. Gak pake pdkt lama-lama, akhirnya kita nekat memutuskan untuk LDR *Long Distance Relainship!*


Mulai dari Jakarta - Jogja, Jakarta - Solo, sampe Jakarta - Malang. Sempat gak bisa ketemu selama 7 bulan lebih karena Ervin sibuk banget, tapi akhirnya Ervin memutuskan untuk pindah kerja di Jakarta sampai saat ini *alhamdulillah*

Tunangan
15 Maret 2015, kita berdua memutuskan untuk bertunangan. Sesungguhnya ini bukan keputusan kita berdua, tapi lebih ke orangtua Ervin yang ingin buru-buru nikahin aku sama Ervin. Katanya gak tega, takut aku keburu tua atau direbut sama orang lain huahahahaha.

Tunangan itu gak wajib kok hukumnya. Boleh bertunganan dulu sebagai "pengikat" atau bisa langsung ke pernikahan. Tapi karena orangtua aku belum mau melepas aku buru-buru, jadi kita tunangan dulu huahahahha.

Persiapan Pernikahan Vol.1 : Jadian, Tunangan Sampai Penentuan Tanggal Nikah

Tradisi tunangan itu juga beda-beda. Ada yang harus bawa seserahan dan perhiasan, atau ada juga ya... yang penting bawa keluarga doang udah kelar. 

Kalau aku sih kemarin ada tradisi tukar cincin. Cincin tunangan itu beda loh sama cincin nikah! Jadi cincin tunangan gak boleh dipakai lagi saat nikahan nanti. Yaiyalah, masa diminta lagi? :p

Yang membedakan cincin nikah dan cincin tunangan adalah peletakannya. Kalau cincin nikah itu di jari manis tangan kanan, kalau cincin tunangan itu di jari manis sebelah kiri.

Penentuan Tanggal Pernikahan
Duh, kalau untuk penentuan tanggal nikah itu lebih baik serahkan ke orangtua aja deh. Tapi ketahuilah, banyak banget orang yang milih awal bulan sebagai tanggal nikahan dengan alasan masih tanggal muda hahaha.

Tapi kalau dalam islam katanya bulan baik itu adalah bulan Syawal. Lalu karena aku menggunakan adat Jawa, alhasil harus itung dari weton which is sampe tanggal lahir nenek kakek sampe buyut yang udah meninggal juga diitung hahaha.

Persiapan Pernikahan Vol.1 : Jadian, Tunangan Sampai Penentuan Tanggal Nikah

Dan akhirnya kita menemunkan tanggal pernikahan yang kurang lebih membutuhkan persiapan sekitar 1 tahun setelah tunangan.

Untuk pesiapan nikah sendiri agak ribet. 1 tahun itu waktu yang cukup jika kamu nikah di daerah Jakarta. Bukan apa-apa, yang paling ribet dari semua persiapan adalah sewa gedungnya! hahaha.

Buat kalian yang juga lagi mempersiapkan pernikahan, sukses ya buat acara kalian! Kalau ada yang mau ditanya, silakan langsung isi kolom komen di bawah aja ya :)

And for my next post, kalian boleh request mau bahas lebih detail tentang apa nih? Overall, aku akan bahas lebih detail dari awal persiapan sampai honeymoonnya. So, stay tuned!

ririeprams beauty blogger indonesia logo
facebook  |  twitter  |  instagram  |  pinterest
ask me on ask.fm/ririeprams

12 comments

  1. Hai ririe. Postingan kayak gini membantu banget buat yg siapin nikahan^^

    Aku mau request dong nanti di pos selanjutnya misalnya beli baju, sewa gedung dimana ditambah perkiraan budgetnya brp ya. Hehe

    Thank you;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahhh seneng banget kalo bisa sedikit membantu. Siaaaap next langsung ke pemilihan vendor ya :)

      Delete
  2. Hai Ririe, Happy Wedding ya. Semoga jadi keluarga yang bahagia selama-lamanya :)

    Ditunggu cerita selanjutnya.

    ReplyDelete
  3. Budget budget pleaseeee...ini request pacar gue pas dtg ke nikahan kak Ririe hahaha katanya "nanti tanyain ririe ya soal gedung dll" wkwkwkwk visioner

    ReplyDelete
  4. Congratz ya Ka Ririe untuk pernikahannya, bahas semuanya kak aku nyimak ajah haha

    ReplyDelete
  5. Hai Kak Ririe! Aku ga sengaja nemu blogmu terus baca posting ini. Selamat ya kak! And I can totally relate to your LDR tips hahaha. Salam kenal, Kak Ririe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Ayas, salam kenal ya. Wah kamu lagi LDR juga? Semangat ya! hihihihi

      Delete
  6. Blognya bagus banget kak ^^ Semoga pernikahannya lancar dan semoga langgeng sampai maut memisahkan :)
    Selamat pagi kakak. :) maaf numpang promosi ya. ^^
    Ada yang mau nikah? Tapi masih bingung cari Wedding Organizer yang profesional? Rias pengantin yang bagus dan *manglingi? Dan catering yang halal,enak, murah dengan dekorasi yang bagus tapi tetep dengan harga sesuai kantong anda?
    Gak cuma catering untuk nikahan aja lho, ada juga nasi box, racikan dan nasi bancakan. Rias untuk pengantin,wisuda,persewaan kebaya/beskap juga bisa. Yuk cek paket paket hemat kami di link kami http://www.bumentik.com dan http://dekorasipernikahanjogja.com/

    ReplyDelete
  7. semoga ada versi 3 nih. biar kebahas semua vendor

    ReplyDelete