Leg Cramps During Second Trimester of Pregnancy

Saat aku nulis postingan ini, usia kandunganku sudah masuk minggu ke 22 dan di minggu ini I can feel my baby kicks so hard. Kadang aku suka kebangun tengah malem karena kaget ada yang nendang dari dalem perutku hahaha. Tapi aku cuma bisa ketawa sendiri karena lucu aja gitu ada yang gerak-gerak di perut.

cerita tips kehamilan beauty blogger Indonesia

Gak semudah yang aku bayangin di awal, ternyata hamil itu berat banget ya! buahahaha. Dengan pikiran bocah, dulu kukira hamil itu ya cuma ngelewatin masa-masa berat badan naik tanpa perlu khawatir, brojol dan yaudah. Tapi ternyata sulit, persiapan soon-to-be-mom itu BERAT! Bikin aku pengen minum air kobokan kaki nyokap setiap hari.


Bisa dibilang aku ini orangnya cukup aktif dan gak bisa diem. Saking aktifnya, dulu tuh aku jingkrak-jingkrakan mulu kesana-kemari, kerja tiap hari bahkan weekend pun aku aktif ikut event blogger dan vlogger, belum lagi meeting untuk freelance dan lain sebagainya.

cerita tips kehamilan beauty blogger Indonesia

Sekarang? Mau gak mau aku harus lebih mengutamakan fisikku! Belajar anteng di rumah, walau kadang sesekali kalau suami lagi ada kerjaan di luar kota, aku suka calling all of my girls and ngacir ke mall seharian.

Kayak semacem vlog aku yang ini nih:

Hasilnya? Nih kayak sekarang! Gak bisa jalan, leg cramps attacks me at night. Gila banget sakitnyaaaa. Setelah googling sana-sini katanya sih emang di trimester 2 ini ada beberapa orang yang  akan mengalami leg cramps. Bisa perlahan berkurang ataupun makin jadi, tergantung gimana hormon dan fisik kita aja.

Udah aku yang betingkah, tapi suami yang harus tanggung jawab hahaha. Jadi pas subuh-subuh aku ngalamin kram di kaki kanan, aku langsung jerit-jerit bangunin suami sambil nangis kejer! Alhasil suami panik dan untungnya dia mau bantuin aku pelan-pelan ngelurusin kaki, sambil di massage. Saat suami sibuk massage kaki aku, aku malah ketiduran lagi sampe pules hahaha. MAAF YA SUAMI :)))))

Buat kalian yang pernah ataupun belum pernah mengalami leg cramps during pregnancy, aku mau bagi-bagi tips untuk mencegahnya nih:

  • Hindari duduk dengan kaki menyilang terlalu lama. Lebih baik kakinya di selonjorin aja.

  • Berdiri terlalu lama juga bisa jadi salah satu penyebab leg cramps! Gak usah centil kayak aku, lebih baik perbanyak bed rest hehe.

  • Mandi dengan air hangat (suam-suam kuku) sebelum tidur itu boleh dicoba loh, supaya ototnya lebih rileks saat tidur.

  • Usahakan untuk tidur menghadap ke kiri, supaya peredaran darah lebih lancar.

  • Perbanyak minum air putih dan hindari kegiatan yang terlalu melelahkan.

Semoga sharing aku kali ini berguna untuk kalian yang lagi sering mengalami leg cramps saat hamil ya. Itu wajar kok, jadi gak perlu terlalu khawatir. 

Kalau udah gak tahan sakitnya, boleh panggil tukang urut khusus ibu hamil aja ke rumah. Cukup massage aja supaya rileks, setelah itu mandi air hangat dan minum jahe hangat. Dijamin, badan langsung rileks leks leks leks hahaha.

See you soon on my next post~


ririeprams beauty blogger indonesia logo
ask me on ask.fm/ririeprams

8 comments

  1. Loh uda mau jadi Mama aja? Aku pikir kamu masih remaja. Huahahah :D

    Temen ku jugak ada tuh yg hamil muda. Bawaannya pengen tiduran mulu. Wkwkwk :p sebagai temen yg baik aki rela disuruh suruh mulu sama dia -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha nggaaaak, aku udah tuwir cuma sok pengen keliatan abg aja >.<

      iya ahahaha, aku juga kerjaannya di kantor nitip si a si b si c mulu

      Delete
  2. yuhuu kayaknya kenal bajunya XD btw aku ngakak pas bagian lagi di massage dan ka Rie tidur lagi ahaha aduh makin kangen mau ketemu. Semoga sehat terus ya ka Rie dan baby nya ♥

    Ghina {www.colored-canvas.com}

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang ngasih kan onti cantik <3
      nanti kalo udah lahir kamu wajib jengukin ya!

      Delete
  3. Hi!
    Please jangan silangkan kaki & pakai high heels ya, kasian kamunya :(
    Ohiya ada baiknya konsumsi folic acid, magnesium, kalsium, dan kalium supaya menghindari cramps. Baiknya makan pisang & minum susu gitu supaya debaynya juga sehat.

    Sehat terus ya rie!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Raissa, iya aku udah bener-bener gak pernah pake heels lagi cuma ya itu masih suka duduk kakinya nyilang. Dan pas nyilang, dia langsung nendang2, jadi aku langsung sadar hahahaha

      Vitamin, susu, yoghurt, buah selalu aku konsumsi. Tapi kayaknya kemarin karena kecapekan deh. Makasih ya infonya :*

      Delete
  4. Jadi ke inget pas hamil dulu kak,
    pas masuk trimester 2 kaki.ku yg kiri tiap malam sakit bgt aneh.nya tiap malam aja sakit.nya tapi pas lahiran lgsg hilang kak sakit.nya,tapi bener kata kakak mgkn aku kebanyakan berdiri soal.nya dulu kerja.ku memang spg
    Sorry kak curhat jadi.nya 😁😁😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gapapa kok hihihi malah aku seneng bisa saling sharing <3

      aaaa semoga ya abis lahiran langsung sembuh sakitnya. Ini mulai sakit lagi nih sendi-sendi kaki, trus aku bingung ngobatinnya gimana. Kata dokter gak boleh pake koyo ataupun counterpain soalnya hiks :(

      Delete