Mengaplikasikan Foundation Itu Lebih Enak Pakai Sponge, Kuas Atau Jari?

Kalo ngobrolin soal tahapan awal ber-makeup, yang paling seru adalah perbedaan dari setiap orang untuk mengaplikasikan foundationnya. Foundation itu diibaratkan pondasi awal dalam bermakeup, dimana saat kita menentukan pilihan akan menggunakan apa untuk mengaplikasikannya, tentu berpengaruh terhadap hasil akhirnya.

tips makeup natural ala beauty blogger indonesia - indonesian beauty blogger - ririeprams

Gak peduli kamu #timjari #timkuas ataupun #timsponge sebenarnya semua balik lagi ke tingkat kenyamanan seseorang dan kecocokan masing-masing aja sih. Semua pasti ada kelebihan dan juga kekurangan. That's why, kali ini aku mau coba bahas satu persatu! Let's get started!


#TIMJARI

Ada loh diantara temenku yang suka banget mengaplikasikan semuanya dengan menggunakan jari, mulai dari primer, foundation, cream blush, sampai eyeshadow. Lalu hasilnya gimana? Tentunya kalau menggunakan jari akan terlihat lebih natural. Suhu jari-jari tangan kita akan membuat foundation jadi lebih mudah diblend into our skin.

tips mengaplikasikan foundation dengan menggunakan jari

Selain itu, pemakaiannya juga jadi lebih hemat. Setuju? hahaha. Karena kita bisa memastikan, seberapa banyak foundation yang kita butuhkan.

Cuma kadang kalau pakai jari, hasilnya jadi kurang full coverage. Jadi tetap harus reapply berkali-kali sampai dark spot, redness ataupun bekas-bekas jerawat tertutup dengan sempurna. Tapi tergantung foundationnya juga sih sebenarnya. Cuma yaaaa tetap aja, lebih memakan waktu yang agak lama hehe.


#TIMKUAS

Tim kuas mana suaranya!!! Mengaplikasikan foundation dengan menggunakan kuas, hasilnya juga bisa tetap beda-beda tergantung jenis kuasnya. Tapi pastinya jadi lebih higienis dong ya, apalagi kalau makeupin orang.

tips mengaplikasikan foundation dengan menggunakan kuas
left to right: paddle brush, buffing brush and stippling brush

Ada 3 jenis kuas yang biasanya dipakai oleh para MUA untuk mengaplikasikan foundation:
  • Paddle brush: bentuknya pipih banget dan kalau menurut aku pribadi sih hampir mirip kuas aplikator untuk face mask. Cuma bedanya kalo paddle brush itu ujungnya agak oval. Ini jenis kuas favoritku, karena bisa memberikan hasil yang FULL COVERAGE! Trust me!
  • Buffing brush: bentuknya tebal, padat dan permukaannya flat. Biasanya dipakai dengan gerakan memutar di kulit wajah, supaya foundation bisa meng-cover pori-pori kulit dan untuk memberikan hasil yang flawless. 
  • Stippling brush: bentuknya hampir mirip dengan buffing brush, bulat dan rata juga. Tapi bulu-bulunya lebih jarang di bagian atas dan terdiri dari 2 warna, jadi warna diujung atas dan bawahnya berbeda. Kuas ini juga bisa memberikan hasil yang flawless tapi tetap terlihat natural, seperti kulit asli aja.
Dari 3 jenis kuas di atas, yang mana yang paling sering kamu pakai? Comment down below!

#TIMSPONGE

Mengaplikasikan foundation dengan menggunakan sponge atau beauty blender yang sudah dibasahi sebelumnya, bikin finishing look kita jadi terlihat lebih dewy. Bahkan sekilas seperti kulit kita benar-benar sehat! Cuma sayangnya adalah, terkadang jadi pemborosan hahaha.

tips mengaplikasikan foundation dengan menggunakan sponge atau beauty blender

Bayangin aja, namanya sponge ya pasti kan gampang menyerap cairan. Nah kalau pakai liquid foundation, tentunya jadi terserap juga dong ke dalam spongenya?

Selain itu penggunaan spongenya juga harus diperhatikan! Pastikan sponge selalu dalam keadaan bersih, karena kalau kotor bisa ikutan nempel ke kulit kita juga loh. Nanti bikin jerawatan malah serem.

Intinya menggunakan sponge itu harus extra bersih. But I'm not lying, hasilnya emang "wow" banget sih.

Nah, kalau kalian tim yang mana nih? Kalau aku pribadi jujur #timmixandmtach hahaha. Pertama pasti pakai jari dulu, trus di blend lagi dengan menggunakan sponge. Hasilnya jadi natural and dewy finish gitu. Aku lebih suka yang dewy, karena kulit asli aku ini kering banget hehe.

Semoga obrolan kali ini berguna buat kalian yang lagi kebingungan untuk menentukan pilihan buat nyaman dan enjoy jadi tim yang mana! See you on my next post.

ririeprams beauty blogger indonesia logo
Add Friend

15 comments

  1. Aku sih kurang suka pakai sponge, soalnya ya itu...jadi boros hehe.. Aku lebih milih jari atau brush aja. Brush-nya yang paddle, tapi karena suka ada garis-garis bekas bulu brush-nya, paling aku tepuk pakai puff BBB Cushion XD

    zahra-salsa.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah idenya boleh juga nih, di combine pake cushion puff hihihi

      Delete
  2. Aku tim pake tangan. Karena suka males bersihin sponge sama brush hahahaha.

    Pake tangan tinggal bersihin tangan
    Cuma ya kekurangannya sama seperti yang kamu bilang :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. duh sama banget! Aku males bgt bersihin kuas, lagi menanti alat yang paling instan buat bersihin kuas tapi dengan harga terjangkau nih ahahhahaha

      Delete
  3. Aku udah nyobain semuanyaa kak, pake tangan iya hemat produk tapi kadang hasilnya ngga flawless. Aku suka pake brush soalnya lebih cepet dan hasilnya bisa build coverage. Kalo pake sponge iya banget buat finish yang dewy cocok banget.


    www.ranilukman.com

    ReplyDelete
  4. Aku tim Jari, dan emang suka foundation yang natural dan nggak full coverage, aku pake MUFE ultra hd foundation (kaya kamu kan? hehe). Aku gak tau apa aplikasi menggunakan yang lain (kalau skill nya udah bagus dan alatnya juga bagus) result nya akan lebih bagus di wajahku, tapi aku rasanya pakai jari udah cukup dan aku ga gt bisa maintain kuas / beauty blender gitu XD cuma aku kl pakai bedak tabur setelahnya baru deh sukanya pakai brush, dan aku pakai yang buffing brush gitu XD hehe

    Sherry,
    from www.sheemasherry.com

    ReplyDelete
  5. Aku mah sama kayak kak ririe,#timmixandmacth soalnya kulitku juga kering, dan aku suka look yg dewy finish 😊😊

    www.ayuindah.com

    ReplyDelete
  6. Kalau aku tim pengguna semuanya hehe.. karena malas dan agak jijay pakai jari soalnya. Kalau mau cepat memang pakai sponge

    ReplyDelete
  7. Aku tim semuanya sih haha tergantung waktu dan occasion-nya.
    Kalau lagi santai dan mau looks yg natural aku pakai tangan aja, tapi kalo mau ada acara formal aku pakai blending brush atau beauty blender :)

    www.zeillamudev.com

    ReplyDelete
  8. Aku dr tim jari tapi buat ngeratainnya aku pake puff cushion samaan kek sis zahra hasilnya juga bikin wajah lebih natural.

    coolatmoshpeer.blogspot.com

    ReplyDelete
  9. Aku timsponge sama timkuas kak. Habisnya kalo pake jari aku ga sanggup hehe

    www.extraodiary.com

    ReplyDelete
  10. aku tim jari sama team kuas *yeay*
    soalnya kalo pake kuas hasilnya lebih cover dan heavy gitu lebih pake jari buat daily hehehe

    www.jennitanuwijaya.com

    ReplyDelete
  11. Team sponge! Kalau pake jari belepotan, pake kuas masing ada garis - garisnya. ._.

    www.vinasaysbeauty.com

    ReplyDelete
  12. #teamkuas kalo foundie, #teamjari kalo concealer hehehe

    www.blackblueblizzard.com

    ReplyDelete
  13. Many make-up artists advise to do makeup not with brushes, but with the help of fingers, since this way the products lay down more easily and look natural.

    ReplyDelete