Dewy VS Matte Finish, Kamu Pilih Yang Mana?

Belakangan ini aku sering banget dapet pertanyaan tentang "Dewy Finish atau Matte Finish dalam foundation itu apa sih?"

matte finish atau dewy finish foundation itu apa

Nah buat menjawab pertanyaan tersebut, sekalian aja nih aku buatin artikelnya. Just in case ada yang bertanya lagi, tinggal aku share aja ke temen-temen. Kalian juga boleh share ke teman-teman kalian kok hehe.


Finishing atau hasil akhir yang diinginkan dalam suatu riasan ataupun foundation biasanya dicantumkan pada botol kemasannya. Sebenarnya ada 3 macam finishing dalam foundation yaitu dewy finish ataupun glowy, satin finish atau biasa disebut dengan semi-matte, dan matte finish. Tapi kali ini aku akan menjelaskan tentang 2 finishing yang paling popular aja ya, yaitu Dewy VS Matte.

Dewy Finish atau Glowy

Dewy finish adalah hasil riasan yang cocok untuk kulit kering (dry skin) karena membuat kulit terlihat lembab. Sebenarnya efek dewy finish bisa didapat dengan memberi sedikit eyeshadow ataupun shimmer di area-area yang ingin ditonjolkan. Biasanya sih area apple oh cheek, tulang hidung, cupid bow dan dagu.

review foundation dewy finish natural glowing

Kalau kata suamiku, dewy finish itu adalah yang terlihat kayak minyakan hahaha. Pernah suatu waktu aku pakai shimmer di wajah dan suamiku mau hapus shimmernya karena terlihat seperti berkeringat BUAHAHAHA. Bete gak?

Jujur, aku merasa kalau dewy finish itu membuat wajah jadi telihat lebih muda, segar dan bercahaya karena glowing! Tapi buat yang kulitnya oily, lebih baik sih menghindari look ini. Kenapa? Karena pori-pori dan noda di wajah akan semakin terpampang nyata!

Tapi kalo mau tetep maksa buat pake look dengan finishing ini yaaa why not? Minyak di wajah tetap bisa diatasi kok dengan memulaskan powder foundation atau translucent powder di area yang memang biasa berminyak.

Salah satu foundation favoritku dengan finishing dewy yaitu Wardah Everyday Luminous Liquid Foundation.

Matte Finish

Matte finish adalah hasil riasan yang cocok banget untuk kulit berminyak ataupun kombinasi karena terlihat mulus dan bebas kilap. Biasanya jenis finishing ini termasuk tipe longlasting dan gak perlu khawatir luntur kalau berkeringat hehe.

review foundation matte finish favorit

Kulit berjerawat juga cocok untuk menggunakan foundation dengan finishing matte karena biasanya coverage-nya masuk ke dalam kategori medium to full coverage.

Foundation dengan finishing matte favorit aku yaitu Loreal Infallible Pro Matte.

Semoga postingan ini bisa membantu kalian untuk memilih finishing foundation yang tepat untuk kamu-kamu semua ya hehe. Tapi, jangan lupa kenalan dulu dengan lebih intim ke jenis dan tipe kulit kamu ya hehe. 

By the way kalo kamu sendiri biasanya team apa sih? #teamdewy atau #teammatte ? Kasih tahu alasannya langsung di kolom komen di bawah ya :)

ririeprams beauty blogger indonesia logo
line@ official ririeprams

1 comment

  1. #Teammatte 🙆
    Kulitku berminyak dan yap emang pengen banget matte finish, soalbya kalo kliatan minyak dikit tu bete deh

    ReplyDelete