Batas Kadaluarsa Makeup! Abisin dulu Makeup yang Ada sebelum beli yang baru!

Kebiasaan cewek-cewek itu imannya hanya sebatas b/vlogger ngereview makeup dan bilang bagus hahaha. Langsung deh keracun dan pengen beli makeup baru lagi. Kayak aku nih, biasanya paling keracun sama review Iva sama Mbak Arum di igstory dan blog mereka.

Batas Kadaluarsa Makeup! Abisin dulu Makeup yang Ada sebelum beli yang baru!

Gak apa-apa sih beli produk makeup baru, toh kita as a beauty enthusiast juga punya hak untuk cobain yang baru biar gak ketinggalan tren ya kaaan. Tapi sebelumnya, coba deh perhatikan masa berlaku pemakaian makeup yang sudah kita punya. Jangan sampai keburu pakai yang baru terus yang lama ditinggal, masa kadaluarsa habis, terus bau dan warna produknya berubah dan bikin iritasi kulit. Malah jadi bahaya kan?


Memperhatikan masa berlaku makeup itu wajib hukumnya! Apalagi untuk produk yang biasa kita gunakan sehari-hari. Entah itu primer, foundation, lipstick, eyeshadow, eyeliner, maskara ataupun alat makeup lainnya.

Coba bayangin, kalau kita meremehkan masa berlaku makeup yang kita gunakan, dampaknya untuk kulit kita gimana? Berikut ini akan aku bahas satu persatu, secara umum masa berlaku produk kecantikan, kalau-kalau di kemasannya gak ada tulisan "expiry date".

Oh ya fyi, biasanya masa expired itu ada 2 macam perhitungan: ada yang dari tanggal pembuatan, sama dari tanggal buka kemasan. Tinggal perhatikan aja di kemasannya ada tulisan manufacturing datenya atau nggak. Kalau nggak ada, ya tinggal hitung dari tanggal buka kemasan saja.

Makeup Mata


cari tahu batas kadaluarsa makeup

Aku pernah pakai maskara yang sudah kadaluarsa! Sumpah perih di mata sampe iritasi hahaha. Gak lagi-lagi deh!

Produk mata seperti maskara, eyeliner dan eyeshadow yang sudah kadaluarsa ini akan jadi tempat sarangnya bakteri. Udah gitu area mata kan lumayan sensitif, jadi harus benar-benar di perhatikan nih! Jangan sampai iritasi kayak aku ya sodara-sodari sekalian hahahaha.

Makeup Bibir

cari tahu batas kadaluarsa makeup

Kulit bibir biasanya gak kalah sensitifnya nih sama kulit wajah! Kalo yang kulit bibirnya sensitif banget, produk yang sudah kadaluarsa bisa bikin kering sampai melepuh loh! 

Gak percaya? Ya coba deh bayangin, gak kadaluarsa aja kadang bibir kita cocok-cocokan sama lipstick, gimana kalo pakai yang kadaluarsa ya kan? Gak kebayaaaang >.<

cari tahu batas kadaluarsa makeup

Wuih apalagi buat wajah! Kulit wajah itu aset menurut aku. Kalo pakai skincare atau produk makeup for face aja bisa bikin purging, gimana kalo pakai yang kadaluarsa?

Nah sekarang udah tahu kan perhitungan masa kadaluarsa untuk makeup? Coba deh perhatikan makeup-makeupmu yang mulai terlantarkan hahaha. Pakai sebelum expired. Dan kalau ada yang sudah expired, yasudah laaaah buang sajaaa. Relakan lah~

ririeprams beauty blogger indonesia logo
line@ official ririeprams

Source: fimela  

No comments