Beda Cairan dan Tetes Mata Softlens

Sampe detik ini masih banyak yang tanya ke aku "kak emangnya obat tetes mata softlens dan cairan pembersih itu beda ya?" Ya ALLAH gusti, namanya aja beda siiiiis *CRY :(

Beda Cairan dan Tetes Mata Softlens

Nah karena banyaknya netijen yang DM aku via instagram @ririeprams untuk menanyakan hal ini, sekarang aku bakal bahas dengan lebih detail bedanya cairan pembersih dan tetes mata untuk softlens. Baca sampai habis! Nulisnya pake mikir nih, awas ya di skip trus nanya yang udah dijelasin *lah ngancem hahahaha.

Cairan Softlens atau air softlens dan tetes mata softlens adalah 2 produk berbeda yang sangat penting untuk pengguna softlens atau lensa kontak pastinya! Kenapa? Karena keduanya berfungsi untuk menjaga kebersihan dan kenyamanan softlens saat sedang digunakan.

Tapi, belum terlalu banyak yang bisa membedakan kedua produk ini! Bahkan belum sadar betapa penting keduanya!

Cairan Softlens

Cairan softlens atau solution atau biasa disebut sebagai air softlens merupakan larutan yang biasa digunakan untuk merawat dan membersihkan softlens. Umumnya ditaro di dalam lens case, tempat menaruh dan menyimpan softlens.

Aku sendiri biasa mengganti cairan softlens, setiap softlens habis digunakan. Atau maksimal banget 3 kali sehari lah!

Beda Cairan dan Tetes Mata Softlens
pic source: google
Berikut untuk rekomendasi merk cairan softlens yang biasa aku pakai:
  • Untuk mata normal: ICE All-In-1 Multi Purpose Contact Lens Solution
  • Untuk mata sensitif: BIO True

Cairan softlens tuh pengaruh banget ke mataku! Kalau salah pilih cairannya, bisa-bisa bikin mataku pedes dan langsung iritasi. Biasanya aku pakai yang untuk sensitif.

Baca juga: cara mengatasi iritasi mata karena softlens

Obat Tetes Mata Softlens

Kenapa harus pakai obat tetes mata softlens? Karena softlens itu kan ada kadar airnya, nah itu yang bikin air mata kita jadi terserap saat menggunakan softlens. Kalau mata kita kering saat menggunakan softlens, itu bisa bikin iritasi dan merah.

Supaya gak iritasi dan tetap terjaga kelembabannya, bisa pakai obat tetes mata untuk softlens secara berkala. Misal tiap 1-2jam sekali.

Beda Cairan dan Tetes Mata Softlens
pic source: google

Kalau untuk produk rekomendasi, hingga detik ini aku masih setia pakai merk refresh! Nyaman banget di mataku yang lumayan sensitif kek testpack HAHAHA.

By the way, kalian tahu gak sih kalo obat tetes mata khusus softlens itu aman untuk dipakai setiap hari kalau dibandingkan dengan obat tetes mata biasa? Soalnya bisa sekalian membersihkan mata kita dari kotoran dan partikel debu juga!

Nah sekarang kalian udah tahu kan bedanya? Jangan sampai salah lagi ya! Hahaha. Semoga postingan aku ini berguna ya. See you on my next post~

ririeprams beauty blogger indonesia logo
line@ official ririeprams

9 comments

  1. ada lho temen ku yang pakai cairan pembersih soflen buat tetes mata.
    Langsung kumarahin waktu itu karena itu jelas beda.

    ReplyDelete
  2. Kak thank u so much. Abis baca blog ini aku baru sadar dan gabakal ngulangin lagi. Oalahh pantes aja gitu ya setiap aku pake soflent selalu perih dan gapernah cocok, ternyata air pembersihnya aku pake sekalian buat tetes mata:")

    ReplyDelete
  3. Nanya dong.. kalo pake softlens tapi ga pake obat tetes mata gimana?

    ReplyDelete
  4. Halo dok, bagaimana kalau mencampur merk soflen ilokk dg cairan merk x2 bebahaya tidak?

    ReplyDelete
  5. Kak tapi kan ada product O2 yang gunanya sekalian lubricates alias membasahi juga? Itu bisa buat tetes mata kata temenku

    ReplyDelete
  6. Kak tapi kan ada ptoruct yg All in one solution punya O2 contohnya, itu bisa lubricating ada tulisannya (lubricates / membasahi) berati kan buat tetes mata juga donk kak?

    ReplyDelete
  7. nanya kak..kalau pakai tetes mata kan 1-2jam sekali itu soflennya dicopot apa tdk ya...mohon infonya

    ReplyDelete
  8. Kak, kakak cuci soflents nya tiap hari apa beberapa hari sekali?

    ReplyDelete